Tuesday, July 27, 2010

USNS Mercy Periksa Pasien di Ambon

Kapal Rumah Sakit Angkatan Laut Amerika Serikat USNS Mercy tiba di teluk Ambon, Maluku, Senin (26/7). Kapal rumah sakit sepanjang 273 meter tersebut tiba di Ambon dalam rangka operasi bhakti sosial Surya Bhaskara Jaya yang merupakan salah satu rangkaian acara Sail Banda 2010. (Foto: ANTARA/Prasetyo Utomo/Koz/ama/10)

27 Juli 2010, Ambon -- Tim medis kapal rumah sakit Amerika Serikat, USNS Mercy T-AH 19, melakukan pemeriksaan pasien yang telah terdaftar di Kota Ambon untuk menjalani pengobatan gratis dalam bhakti sosial Surya Bhaskara Jaya di Maluku.

Ketua Tim Dokter USNS Mercy, Brian K. Augeke kepada ANTARA, Senin mengatakan, pemeriksaan hanya dilakukan hari ini (Senin).

“Pasien yang datang banyak sekali. Jumlah mereka ratusan. Tetapi kami akan berupaya agar semua dapat tertangani meskipun harus bekerja sampai malam,” kata Brian K. Auge di Gedung PKK Provinsi Maluku di Ambon, tempat pemeriksaan berlangsung.

Dia mengatakan, penyakit yang telah terdeteksi untuk menjalani operasi di atas kapal USNS Mercy antara lain ginjal, kanker prostat, hernia dan masalah kesehatan laki-laki pada umumnya.

Sementara yang akan ditangani di darat dalam posko-posko medis adalah pelayanan kesehatan secara umum.

Dikatakan, saat pemeriksaan tersebut, banyak sekali penyakit kategori buruk yang teridentifikasi dan kebanyakan adalah masalah kesehatan reporduksi perempuan.

Menurut dia, tim medis USNS Mercy mampu melakukan tindakan pembedahan di atas kapal maksimal 150 – 200 pasien per hari.

Tim medis yang melakukan pemeriksaan di gedung PKK Provinsi Maluku itu berasal dari Angkatan Laut Amerika Serikat dan Singapura.

Ia mengungkapkan, tim medis yang bekerja sekitar 105 orang, 40 di darat (posko kesehatan) dan 65 di kapal.

Sementara di lokasi berbeda yakni di Piru, Ibu kota Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Desa Pelauw, Pulau Haruku, Maluku Tengah (Malteng) juga berlangsung pemeriksaan pasien yang dilakukan tim medis dari Australia yang juga bergabung dalam “pacific partnership” itu bersama tim medis Singapura.

Kapal rumah sakit terbesar Amerika Serikat itu akan berada di Maluku hingga usainya program SBJ dalam Sail Banda, yakni 4 Agustus 2010.

ANTARA Maluku

No comments:

Post a Comment