Wednesday, July 28, 2010

Pacific Partnership Bangun Sarana Umum di Mamala

Captain Lisa Franchetti Komandan Pacific Partnership 2010 tiba di HMAS Labuan. (Foto: Australia DoD)

28 Juli 2010, Ambon -- Selain pengobatan gratis, personel “Pacific Partnership 2010″ melakukan bhakti sosial pembangunan fisik berupa pengerjaan panggung untuk atraksi pukul sapu di Desa Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Selasa .

Lokasi pembangunan panggung yang dikerjakan itu setiap tahun digunakan masyarakat Mamala untuk perayaan 7 Syawal dengan menampilkan atraksi pukul sapu yang selalu menyedot ribuan pengunjung.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX, Mayor Laut (E) Wahyu Broto, di Ambon, Rabu, mengatakan, personel “Pacific Partnership 2010″, yang terdiri atas militer Angkatan Laut Indonesia, Amerika Serikat (AS), dan Australia, sebelumnya telah berkunjung ke Mamala untuk menganalisa kebutuhan pembangunan di sana.

“Pengerjaan panggung untuk atraksi pukul sapu yang setiap tahun digelar itu merupakan usulan dari masyarakat Mamala yang disampaikan kepada personel marinir AS dan Australia saat berkunjung ke sana,” kata Wahyu Broto.

Ia mengatakan, personil “Pacific Partnership 2010″ yang terjun di Desa Mamala terdiri dari beberapa anggota TNI dan delapan orang marinir AS dan Australia yang dibantu masyarakat setempat.

Marinir AS dan Australia itu merupakan anggota tim dari kapal rumah sakit USNS Mercy (T-AH 19) yang tiba di Maluku sejak 26 Juli untuk menjalankan misi kemanusiaan yang bergabung dalam operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) dalam Sail Banda di Maluku yang merupakan bagian dari kerjasama negara-negara sahabat yang tergabung dalam “Pacific Partnership 2010″.

Negara-negara sahabat yang tergabung dalam “Pacific Partnership 2010″ antara lain AS, Inggris, Australia, Singapura, Kamboja, Kanada dan Selandia Baru.

Sementara komponen layanan SBJ meliputi pengobatan gratis, pembangunan fisik dan non fisik dengan sasaran daerah-daerah yang perlu mendapat bantuan kemanusiaan.

Selain USNS Mercy yang tiba bersama kapal Angkatan Laut milik Singapura, RSS Endeavour (kelas LPD), Operasi SBJ juga menyertakan kapal rumah sakit TNI AL, KRI Soeharso SHS – 990 yang saat ini sedang berada di Banda melayani masyarakat di sana.

Sementara USNS Mercy sedang berlabuh di Perairan Ambon dan tim medisnya sementara melakukan pengobatan masal di beberapa tempat, yakni Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, dan Desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah serta Piru, Ibu kota Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pengobatan gratis di Piru akan berakhir sore hari ini, sedangkan di Pelauw dan Kota Ambon hingga 29 Juli.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment