Thursday, July 29, 2010

Latpratugas unsur KRI Satgas Kolinlamil TA 2010 Libatkan 7 unsur KRI


27 Juli 2010, Jakarta -- Pelaksanaan Latihan Pratugas Unsur KRI Satgas Kolinlamil TA 2010 dalam tahap manuvra lapangan yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 11 Agustus 2010 di perairan laut Jawa direncanakan melibatkan 7 unsur KRI dengan kekuatan personel sedikitnya 1862 orang. Peserta latihan tersebut terdiri dari Tim Staf Perancang latihan (SPL) ,penilai , pelaku dan pendukung latihan dari Komando Lintas laut Militer dan pasukan dari beberapa satuan diantaranya 2 kompi Satuan Marinir dan satu Kompi Kavaleri.

Sedangkan unsur KRI jajaran Kolinlamil yang dilibatkan dalam kegiatan Manuvra lapangan (manlap) direncananakan meliputi 7 KRI diantaranya 1 KRI jenis Landing Ship Tank (LST ), 2 KRI jenis LST tipe Froch, 2 KRI tipe Bantuan angkut Personel (BAP) dan 2 KRI jenis Bantuan Umum (BU).

Selama kegitan manuvra lapangan di perairan laut Jawa dengan melibakan tujuh unsur KRI Jajaran Kolinlamil . Sedangkan untuk kegiatan latihan embarkasi /debarkasi pasukan dengan melibatkan dua kompi pasukna marinir serta satu kompi kavaleri direncanakan dilaksnakan di Tanjung Pasir Propinsi Banten Dalam kegiatan Manuvra lapangan (manlap) akan dilaksanakan kegiatan diantaranya manuvra taktis mulai dari keluar pangkalan saat melewati medan ranjau dan berbagai peran tempur dalam menghadapi berbagai kemungkinan serangan udara lawan maupun latihan penembakan selama lintas laut di perairan laut Jawa, latihan SAR di laut untuk menyelamatkan ABK yang jatuh ke laut sampai dengan rencana embarkasi pasukan dan ranpur yang direncanakan di Tanjung Pasir Propinsi Banten.

Sedangkan sebelumnya pelaksanaan manuvra lapangan, para perwira pelaku peserta latihan akan diberikan pembekalan materi latihan yang akan dikembangkan diantaranya Rule Of engagement (Roe) atau dikenal dengan aturan pelibatan, Hukum Humaniter dan HAM, pemahaman analisa daerah operasi. Selain itu materi pemahaman dan pendalaman operasi pendaratan administrasi . Demikian pula dengan latihan tempur diantaranya prosedur melewati medan ranjau,AArofek. Latihan pertahanan pangkalan serta lawan sabotase bawah air (LSBA) dan latihan bantuan administrasi dan logistik.

Dispen Kolinlamil

No comments:

Post a Comment

Post a Comment