Monday, July 26, 2010

Pengamanan USNS Mercy Dikoordinir Lantamal IX Ambon

USNS Mercy. (Foto: Australia DoD)

26 Juli 2010, Ambon -- Pengamanan kapak rumah sakit terbesar milik US Navy dikoordinir oleh Lantamal IX Ambon, sesuai arahan Pangdam XVI/Pattimura selaku pengendali keamanan Sail Banda.

“Pengamanan USNS Mercy dikoordinir Lantamal IX Ambon sesuai arahan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI. Hatta Syafrudin,” kata Adpel Ambon, Benny Tangkuman, kepada ANTARA di Ambon, Minggu malam.

Ia menyatakan, USNS Mercy T-AH 19 akan berlabuh di Teluk dalam Ambon, tepatnya di perairan Wayame, Kecamatan Teluk Ambon.

Tangkuman mengakui pihaknya bertanggungjawab soal transportasi rute antara Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan titik lepas jankar kapal tersebut, yang akan mendukung misi kemanusiaan KRI dr Soeharso dalam program pengobatan gratis kepada masyarakat di Maluku.

“Kalaikan transportasi untuk misi USNS Mercy itu harus terjamin,” katanya.

Sementara itu, koordinator acara panitia lokal Sail Banda, Cak Saimima, mengatakan kapat tersebut mengambil tempat di perairan Wayame karena harus memperhitungkan titik lepas jangkarnya.

“USNS Mercy memerlukan kedalaman khusus, dan karena itu diarahkan untuk lego jangkar di perairan Wayame,” katanya.

Ia mengungkapkan, ketua tim USNS Mercy juga menjadwalkan acara jamuan makan malam di atas kapal tersebut untuk pejabat pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah kota Ambon pada 1 Agustus mendatang.

Sebelumnya, kelompok musik (band) USNS Mercy dijadwalkan tampil untuk menghibur masyarakat Kota Ambon di lokasi monumen Perdamaian Dunia pada 28 Juli.

USNS Mercy akan memulai misi kemanusiaannya di Pulau Ambon pada 27 Juli-4 Agustus, dengan memberi pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di kecamatan Sirimau dan Nusaniwe, Kota Ambon pada 27-29 Juli, sebelum melanjutkan pelayaran ke Maluku tengah untuk misi serupa.

ANTARA Maluku

No comments:

Post a Comment

Post a Comment