Monday, July 26, 2010

Awak Kapal USNS Bertemu Gubernur

(Foto: Dispenarmatim)

26 Juli 2010, Ambon -- Kru kapal RS AL AS, USNS Mercy T-19AH, yang tiba di Teluk Dalam Ambon, Senin (26/7/2010) bersilaturahmi ke Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu.

USNS Mercy dikerahkan untuk mendukung bakhti Surya Baskara Jaya (SBJ) sebagai rangkaian dari Sail Banda yang penyelenggaraannya dijadwalkan pada 24 Juli-17 Agustus 2010.

Kru USNS Mercy dikoordinir Komandan gugus tugas Commodore Lisa M. Franchetti, Kepala rumah sakit , Captain Jeffry Paulson dan kapten kapalnya, David Bradshaw bersilaturahmi menyampaikan dukungan guna menyukseskan bakti SBJ sekaligus Sail Banda.

"Kami mengemban misi kemanusiaan sehingga siap mengobati warga Maluku yang sakit tanpa pamrih hingga 4 Agustus 2010," ujar David Bradshaw.

Gubernur Ralahalu berterima kasih atas kepedulian sosial dari tim medis USNS Mercy yang siap menyukseskan bakhti SBJ sebagai bagian dari kegiatan bahari bertaraf internasional.

"Terima kasih atas nama pemerintah dan warga Maluku karena kehadiran USNS Mercy menunjukkan kepada dunia internasional bahwa daerah ini benar-benar telah aman dan masyarakatnya telah hidup berdampingan dengan damai," katanya.

Gubernur juga mengajak kru USNS Mercy untuk menikmati pesona wisata, terutama bahari Maluku sambil intensif melaksanakan pengobatan gratis.

"Tidaklah berkeberatan saat kembali ke AS tolong menceritakan kondisi nyata Maluku dan yakinkan warga Paman Sam bahwa daerah ini memiliki pesona wisata indah, terutama bawah laut tiada duanya di dunia," ujarnya.

Gubernur menambahkan, bhakti SBJ di Maluku juga didukung tim kesehatan Singapura mengirim satu kapal LST jenis LPD dan tim kesehatan Australia dengan dua kapal jenis landing craft heavy dan personel medis serta Selandia Baru dengan mengirim tim medis.

Pada kesempatan lain, Kadis Kesehatan Maluku, Fat Bassalamah mengatakan USNS Mercy akan mulai beroperasi di Pulau Ambon pada 27 Juli-4 Agustus dengan memberi pelayanan kesehatan di dua kecamatan di Ambon dan wilayah Maluku Tengah.

Dua kecamatan di Ambon yang mendapat pelayanan kesehatan gratis yakni Sirimau dan Nusaniwe. Pelayanan kesehatan di dua wilayah itu dijadwalkan pada 27-29 Juli 2010.

Pelayanan kesehatan gratis di Kecamatan Sirimau diberikan kepada warga di Kelurahan Waihaong dan Karang Panjang (Karpan).

Sedangkan Kecamatan Nusaniwe kegiatan tersebut akan berlangsung di Desa Amahusu dan Latuhalat.

"Pada tanggal 30 Juli, USNS Mercy akan bertolak ke Kecamatan Leihitu untuk melayani masyarakat di sana selama dua hari, selanjutnya meneruskan pelayanannya kepada masyarakat Tulehu, Kecamatan Salahutu pada 1 - 2 Agustus," kata Fat Basalamah.

Dia mengatakan, kapal rumah sakit AS itu juga akan melayani masyarakat di ibukota Kabupaten Maluku Tengah, yakni Masohi dan Pulau Haruku.

Dalam pelayanan kesehatannya, USNS Mercy akan didampingi kapal rumah sakit Indonesia, KRI Soeharso beserta tim medis dari beberapa negara, di antaranya Selandia Baru, Singapura, Malaysia dan Australia.

"Tim USNS Mercy sebelumnya telah meninjau ke sini dan menetapkan daerah-daerah yang akan mereka layari untuk pelayanan kesehatan," kata Fat Basalamah.

Komandan kapal USNS Mercy kunjungi Lantamal IX Ambon

Komandan kapal Angkatan Laut Amerika Serikat USNS Mercy Kolonel Lisa M Franchetti didampingi Kolonel Jeffery W Paulson dari korps Kesehatan dan beberapa stafnya mengadakan kunjungan kehormatan ke Pangkalan Utama TNI AL IX Ambon Senin (26/7).

Mereka datang ke Ambon dalam rangka bergabung dalam kegiatan Operasi Bakti TNI AL Surya Baskara Jaya (SBJ) Sail Banda 2010. Begitu USNS Mercy tiba di perairan Ambon, langsung lego jangkar di perairan Teluk Ambon depan Dermaga Yos Sudarso.

Pada kesempatan pertama langsung terbang menggunakan pesawat Hely dan landing di depan kantor Markas Komando Lantamal IX Ambon, mendapat sambutan dari Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eddy Sugiatmo, MM, didampingi para Asisten dan Perwira Staf Lantamal IX.

KOMPAS.com/Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment

Post a Comment