Monday, July 26, 2010

Unsur Latma Ex-Eagle Latihan Pembekalan di Laut


26 Juli 2010, Surabaya -- Unsur kapal perang TNI AL KRI Hasanuddin-366 dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang tergabung dalam Latihan Bersama “Ex Eagle 21/10 melaksanakan latihan pembekalan di laut disekitar perairan Laut Jawa Minggu (25/7).

Kapal tersebut berangkat Jumat (23/7) menuju Singapura untuk melaksanakan latihan bersama antara TNI AL dengan Angkatan Laut Singapura. Unsur TNI AL yang terlibat dalam Latma Eagle 21/10 ini yaitu 2 KRI, dan 1 pesawat Cassa. Sedangkan dari pihak RSN akan melibatkan RSS Tenacious, RSS Vigour dan 1 F50 MPA.

Selama ini “Latma Eagle 21/10” antara ke dua Angkatan Laut telah terlaksana beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan bagi ke dua belah pihak, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut.

Kondisi tersebut diharapkan mampu berdampak positif di masa yang akan datang guna membina dan meningkatkan hubungan diplomatis antara Indonesia dengan Singapura pada umumnya dan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Singapura khususnya.

Sasaran yang ingin dicapai pada Latma Eagle 21/10 ini adalah memelihara meningkatkan hubungan antar kedua Negara khususnya angkatan laut kedua pihak dalam rangka memantapkan keamanan regional. Meningkatkan koordinasi dan kerjasama taktis antar unsur Angkatan laut kedua Negara. Meningkatkan keterampilan dan profesionalisme personel dalam melaksanakan operasi laut bersama. Meningkatkan kesiagaan operasi tempur laut yang meliputi peperangan anti udara, anti permukaan, anti kapal selam dan pernika masing- masing pihak.

Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment