Wednesday, July 28, 2010

USNS Mercy Beri Gelang Warna Tandai Pasien

USNS Mercy (T-AH 19). (Foto: Australia DoD)

28 Juli 2010, Ambon -- Tim medis kapal rumah sakit Angkatan Laut Amerika Serikat USNS Mercy (T-AH 19) dan Singapura RSS Endeavour dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, menandai para pasien dengan gelang berwarna untuk kepentingan pengobatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX, Mayor Laut (E) Ir. Wahyu Broto di Ambon, Selasa.

Pasien mata diberi gelang warna merah, pasien gigi dipakaikan gelang ungu, anak-anak mendapat gelang oranye dan gelang kuning untuk penyakit umum,” kata Wahyu Broto.

Ia mengatakan, tim medis kedua negara yang tergabung dalam “Pacific Partnership 2010″ itu dibantu beberapa personil Dinas Kesehatan TNI AL dan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).

Menurut Wahyu Broto, guyuran hujan di Waihaong tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mendapatkan pengobatan gratis.

“Informasi yang saya dapat dari Mayor Chow Weien, dokter dari Angkatan Laut Singapura bahwa ada sekitar 12 pasien sedang menjalani operasi di Kapal RSS Endevour yang berlabuh di dermaga Yos Sudarso, Ambon,” katanya.

Sementara pasien yang menjalani operasi di Kapal USNS Mercy belum bisa dipastikan jumlahnya.

Dia mengatakan pengobatan masal di Desa Waihaong itu dikunjungi Atase Laut Singapura, Senior Letnan Kolonel (Letkol) Tan Bian dan Komandan Kapal RSS Endevour, Letkol Kenny Chen. Sedangkan dari pihak Amerika Serikat Kolonel Lisa M. Franchetti dan dari TNI Kepala Dinas Kesehatan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal IX), Letkol Laut (K) dr. Tjangeta Liempy S. Sp.An.

Saat ini pelayanan yang sama juga sedang berlangsung di Desa Palauw, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah yang ditangani oleh tim medis Australia dan Singapura.

HMAS Tarakan. (Foto: Australia DoD)

HMAS Labuhan. (Foto: Australia DoD)

Australia menyertakan dua kapal besar atau “heavy landing craft” (HLC), masing-masing HMAS Labuan (L128) dan Tarakan (L129) dalam misi kemanusiaan “Pacific Partnership “2010″ yang juga mendukung operasi Surya Bhaskara Jaya, salah satu program kegiatan bahari bertaraf internasiona di Maluku, Sail Banda.

Wahyu Broto mengatakan, masyarakat Ambon dan sekitarnya yang belum mendapat kesempatan berobat gratis hari ini dapat mengikuti pengobatan masal berikutnya yang akan dilaksanakan pada 28 – 29 Juli di 2010 Di Puskesmas Amahusu.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment