Thursday, July 29, 2010

AL Indonesia-AS Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Sejumlah dokter melakukan operasi di Kapal Rumah Sakit (RS) Angkatan Laut Amerika Serikat USNS mercy yang sedang berlabuh di Teluk Ambon, Maluku, Rabu (28/7). Kedatangan Kapal RS terbesar itu dalam rangka program 'Pasific Patnership 2010' yang agendanya antara lain menyediakan pelayanan operasi, pengobatan umum dan klinik kesehatan gigi untuk masyarakat sekitar Ambon. (Foto: ANTARA/Prasetyo Utomo/ed/pd/10)

29 Juli 2010, Ambon -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dan Amerika Serikat (US Navy/USN) menggelar latihan penanggulangan bencana di Ambon.

“Latihan bersama pada 28 Juli itu diikuti 40 peserta dari TNI, Tim SAR Maluku dan USN,” kata Humas kapal rumah sakit Amerika Serikat USNS Mercy T-H 19 yang membidangi “Pacifik Partnership 2010″, Daniel Bernardi, kepada ANTARA di Ambon, Kamis.

Menurut dia, latihan itu diadakan untuk menanggulangi bencana secara terpadu karena bencana di setiap negara itu tidak sama.

“Jadi, kalau terjadi bencana di negara lain, tim penanggulangan bencana yang dikirim ke sana dapat membantu karena telah tahu cara penanganannya,” kata Daniel Bernardi.

Ia mengatakan latihan tersebut terbagai dalam dua sesi. Sesi pertama adalah teori yang berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, sedangkan sesi kedua merupakan praktik lapangan.

“Dalam Sail Banda 2010, banyak kegiatan pelatihan yang digelar ‘Pacifik Partnership 2010′, di antaranya di bidang kesehatan, kegawatdaruratan, dan lainnya,” katanya.

Pelatihan yang disebut SMET (Subject Matter Expert Training) itu kadang-kadang melibatkan Australia, Singapura, Indonesia, dan Amerika Serikat.

Kedatangan Kapal USNS Mercy ke Maluku dalam rangka misi “Pacific Partnership 2010″ sekaligus mendukung operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) yang diprogramkan dalam kegiatan bahari bertaraf internasional, yakni “Sail Banda 2010″.

“Pacific Partnership 2010″ adalah program tahunan AS yang mengusung misi kemanusiaan latihan penanggulangan bencana di Indonesia untuk memperkuat hubungan antarnegara, khususnya negara tuan rumah dan sahabat di Asia Tenggara dan Oceania.

Negara-negara tuan rumah dan sahabat yang terlibat dalam “Pacific Partnership 2010″ di Indonesia adalah AS, Australia, Kamboja, Kanada, Selandia Baru, dan Inggris.

Para duta yang dikirimkan masing-masing negara dalam misi “Pacific Partnership 2010″ di USNS Mercy itu merupakan militer AL terbaik di bidang medis dan mesin, juga beberapa warga sipil dan sukarelawan dari organisasi non pemerintah.

ANTARA Maluku

No comments:

Post a Comment

Post a Comment