Thursday, July 1, 2010

Konga XX-G Perbaiki Jalan

Para personel Satgas Zeni TNI Kontingen Garuda XX-G tengah meratakan jalan yang sebelumnya bergelombang dan berlubang. (Foto: Puspen TNI)

01 Juli 2010, Dungu -- Satgas Zeni TNI Kontingen Garuda XX-G yang sudah delapan bulan bertugas di negara DRC (Democratic Republic of Congo) dalam misi MONUC (Mission de I’Organisation de republic des Nations Unies en Republicque Democratique du Congo) tengah memperbaiki jalan utama Lina Kofu - Dungu yang sudah rusak berat, akibat seringnya jalan tersebut dilewati oleh kendaraan berat seperti Truck WFP (World Food Program) dan kendaraan tempur Batalyon Infanteri Maroko serta kendaraan sipil lainnya.

Hal tersebut berdasarkan surat perintah Komandan Ituri Brigade Brigjen ATM Zia Ul Hasan kepada Komandan Kontingen Garuda XX-G Letkol Czi Arnold A.P Ritiauw beberapa waktu lalu, untuk segera memperbaiki jalan Lina Kofu, agar jalan utama yang menghubungkan Dungu Town ke Duru dapat berfungsi kembali.

Dengan dasar surat perintah tersebut Kontingen Garuda XX-G segera mengerahkan Pleton Alat Berat yang dipimpin oleh Lettu Czi Dony Irawan ST untuk memperbaiki jalan Lina Kofu. Kondisi jalan yang hampir tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat dan roda dua direncanakan akan memakan waktu selama satu bulan, karena untuk memperbaiki kondisi jalan yang berlumpur dan berlubang sedalam hampir satu meter ini akan memakan waktu cukup lama.

Di sela-sela kesibukannya membangun jalan Dungu Faradje sepanjang 155 Km, pemeliharaan Run Way dan proyek lainnya, Kontingen Garuda XX-G tetap menjalankan tugas yang dibebankan demi suksesnya misi perdamaian di negara DRC (Democratic Republic of Congo) yang disponsori oleh PBB/UN.

Sementara itu, masyarakat yang bermukim di daerah Lina Kofu menyambut dengan gembira perbaikan jalan tersebut karena mereka sudah lama mengharapkan jalan pendukung ekonomis ini dapat berfungsi dengan baik, sehingga mereka dapat meningkatkan perekonomiannya khususnya masyarakat di daerah tersebut.

Adalah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kontingen Garuda XX-G dapat berkarya dan membantu rakyat Congo dengan membangun banyak infrastruktur, baik jalan maupun bangunan yang hasilnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat setempat. Sehingga, rakyat Congo yang masih sangat miskin akibat konflik yang berkepanjangan ini dapat terbantu dan dapat memperbaiki tarap kehidupan yang lebih baik.

Kendaraan roda empat dan roda dua sulit melintas karena kondisi jalan yang bergelombang dan berlubang. (Foto: Puspen TNI)

Sejumlah alat berat dan truk dikerahkan untuk memperbaiki Jalan Lina Kofu-Dungu, Kongo. (Foto: Puspen TNI)

Sebuah alat berat tengah meratakan Jalan Lina Kofu-Dungu, Kongo. (Foto: Puspen TNI)

Jalan Lina Kofu yang diperbaiki ini merupakan jalan utama yang menghubungkan Dungu Town ke Duru. (Foto: Puspen TNI)

Puspen TNI/Dispenal

No comments:

Post a Comment

Post a Comment