Sunday, June 27, 2010

Pakistan Terima 3 F-16 Pertama dari 18 Pesawat Dipesan

F-16 AU Pakistan. (Foto: dawn)

27 Juni 2010 -- Pakistan menerima tiga jet tempur F-16 hasil upgrade diumumkan juru bicara Angkatan Udara Pakistan.

Ketiga jet tempur diterbangkan ke pangkalan udara Pakistan, Sabtu (26/6) siang dan lima belas pesawat lainnya akan dikirimkan akhir tahun ini, ujar jubir AU Pakistan. Lima F-16 akan dikirimkan 45 hari lagi

Seluruh 18 F-16 terdiri dari 12 F-16C dan 6 F-16D akan diterima AU Pakistan akhir tahun ini.

Seluruh jet tempur dilengkapi dengan avionik generasi keempat dan kelima, sniper pod untuk operasi malam hari, sistem peringatan ancaman baru, perangkat peperangan elektronik dan jaringan data.

Kemampuan 18 F-16 Blok 52 AU Pakistan dapat beroperasi pada siang-malam pada segala cuaca dan mampu menyerang dengan presisi tinggi.

Juru bicara AU Pakistan mengklaim hanya Pakistan diluar Israel yang menerima jet tempur F-16 versi terbaru, mencerminkan hubungan strategis antara Islamabad dan Washington.
Amerika Serikat telah melatih para pilot Pakistan menerbangkan jet tempur baru ini. Delapan pilot telah menyelesaikan pelatihannya, termasuk pelatihan penyerangan malam hari.

Seorang pejabat senior Kementrian Pertahanan Pakistan mengatakan Pakistan sedang melakukan negosiasi dengan Amerika Serikat terkait pembelian tambahan 14 F-16, kutip kantor berita Reuters, Minggu (27/6).

Seorang pejabat Pakistan lainnya mengatakan Pakistan tertarik membeli jet tempur F-16 baru guna mengimbangi kekuatan udara India.

India berencana membeli 126 jet tempur, dimana akan meningkatkan kemampuan AU India menjadi kekuatan super power, direncanakan pesawat ditempatkan di perbatasan dekat Pakistan dan Cina, ujar pejabat tersebut.

Washington menyakinkan New Delhi jet tempur F-16 yang dibeli oleh Pakistan kemampuannya tidak sepadan dengan F-16 yang ditawarkan ke AU India dalam tender raksasa pembelian 126 pesawat.

Washington memerlukan Islamabad dalam memerangi kaum militan disepanjang perbatasan dengan Afghanistan. Washington berjanji mengirimkan 1000 bom berpandu laser ke Pakistan segera dan mempertimbangkan menjual senjata lainnya guna membantu AU Pakistan memerangi militan.

Islamabad akan menerima satu frigate bekas pakai AL AS yang telah direkondisi Agustus tahun ini.

PTI/Dawn/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment