Monday, June 28, 2010

KRI Surabaya Dukung HUT Proklamasi di Pulau Terluar


28 Juni 2010, Ambon -- KRI Surabaya (591) dari Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) akan mendukung perayaan HUT Proklamasi RI ke-65 di salah satu pulau terluar di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku.

Wilayah tersebut secara geografis berbatasan dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL).

Koordinator acara panitia lokal Sail Banda 2010, Cak Saimima, ketika dikonfirmasi ANTARA, di Ambon, Minggu, mengatakan, pengerahan KRI Surabaya merupakan bagian dari tanggung jawab Mabes TNI - AL dalam menyukseskan kegiatan bahari bertaraf internasional tersebut.

"Dukungan KRI Surabaya itu salah satu keputusan rapat dengan panitia nasional Sail Banda 2010 di Jakarta, beberapa waktu lalu," ujarnya.

Saimima mengatakan, peringatan detik - detik Proklamasi RI ke-65 sebagai bagian dari acara Sail Banda 2010 telah diputuskan akan dilaksanakan di pulau Kisar, ibu kota pemerintahan sementara kabupaten MBD.

Pulau Kisar merupakan satu dari 12 pulau terluar di kabupaten MBD yang dimekarkan dari Maluku Tenggara Barat (MTB) pada 16 September 2008 dengan dasar masyarakatnya satu rumpun, memiliki bahasa maupun adat istiadat sama dengan masyarakat RDTL.

Menurut Saimima, KRI Surabaya dijadwalkan tiba di Kisar tanggal 15 Agustus 2010," ujar Saimima.

Peringatan detik-detik Prokalami Kemerdekaan dijadwalkan melibatkan 1.000 pemuda di Maluku, PNS dan personil TNI dan Polri. Mereka juga diprogramkan melaksanakan berbagai kegiatan sosial bersama masyarakat di Kisar.

Peringatan HUT Proklamasi merupakan program Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pendidikan Nasional yang difasilitasi Mabes TNI-AL.

Mabes TNI - AL dalam menyukseskan Sail Banda juga mengerahkan kapal rumah sakit Suharso untuk mendukung operasi Surya Baskara Jaya.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment