Monday, June 28, 2010

Pasmar-1 Peringati Hari Anak 2010

Seorang prajurit Korps Marinir membetulkan baju samaran khas Sniper yang dipakai anaknya, saat Hari Anak Marinir di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya, Minggu (27/6). Hari Anak Marinir yang rutin digelar tiap tahun tersebut, bertujuan untuk memupuk rasa kebanggaan, nasionalisme dan kebersamaan sesama keluarga Korps Marinir. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/10)

28 Juni 2010, Surabaya -- Pasmar-1 memperingati Hari Anak tahun 2010 di lapangan Apel Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Minggu.

Peringatan Hari Anak yang dibuka Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra itu diikuti 3.000 anak yang merupakan putra putri prajurit Marwiltim.

Dalam acara itu ditampilkan berbagai kegiatan di antaranya Terjun Payung, Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna dari AAL, Tari Tradisional, dan Peragaan pakaian Taruna AAL.

Selain itu, Peragaan pakaian prajurit Taifib, Lomba mewarnai, Lomba Menyusun Gambar (Pusle), pameran senjata, Bazaar dan hiburan Band yang dipandu oleh Ria Enez.

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan tujuan diadakannya hari anak yaitu mengingatkan semua pihak yang dituntut untuk selalu berkomitmen dan konsisten dalam memelihara serta menjamin hak-hak anak secara universal.

"Anak-anak kita adalah amanah yang hak-haknya harus dijamin, yakni hak untuk hidup sehat, sejahtera dan bahagia, hak untuk tidak dieksploitasi, hak untuk tidak mendapatkan perlakuan kekerasan dan hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas," katanya.

Ia menegaskan bahwa anak merupakan generasi penerus bangsa, karena itu semua pihak dituntut bertanggung jawab secara moral untuk membesarkan dan mendidiknya dengan baik, sehingga akan menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.

"Dengan tema `Aku Bangga Menjadi Anak Marinir` maka makna yang terkandung yaitu Korps Marinir berusaha membangun integritas moral anak, khususnya anak-anak prajurit Korps Marinir, agar merasa bangga sebagai anak Marinir baik di lingkungan pergaulan sehari-hari maupun di lingkungan sekolah sehingga tidak merasa rendah diri," katanya.

Dalam kegiatan itu juga diberikan buku paket sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi yang merupakan bantuan dari media massa (Jawa Pos).

Selain itu juga diberikan bea siswa kepada putra-putri prajurit Marinir yang berprestasi di sekolah yaitu untuk tingkat SD sebanyak 174 anak, tingkat SMP 43 anak, SMA 34 anak, dan Perguruan Tinggi 27 anak.

Dalam peringatan Hari Anak itu juga ditampilkan demo Terjun Payung dari prajurit Taifib-1 Mar dengan sambutan cukup meriah saat 17 peterjun mendarat satu persatu di tengah lapangan.

Apalagi, para penerjun juga menampilkan kemampuannya dalam membentuk Canopy Relatif Work (CRW) yaitu para penerjun turun dengan cara bersusun.

Dalam kegiatan ini juga digelar beberapa material tempur yang dimiliki Korps Marinir, di antaranya Tank AMX PAC, Tank AMX PM, Roked Grad, Meriam How 122 mm dan How 105 mm.

Acara itu dihadiri Dankolatmar Kolonel Marinir Purwadi, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Enjang Suryana, Dirut Jawa Pos Nany Wijaya, Pengurus Rotary Surabaya, dan seluruh Komandan Kolak Pasmar-1.

ANTARA News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment