Thursday, March 18, 2010

Polandia Tawarkan Heli Black Hawk ke TNI

Para pekerja pabrik pesawat PZL Mielec Polandia berdiri disamping helikopter Black Hawk S-70i, pertama kali diproduksi di luar Amerika Serikat. PZL Mielec diakuisisi Sikorsky Aircraft Corp 2007. Black Hawk S-70i produksi PZL Mielec diperkenalkan kepada public 15 Maret 2010. (Foto: Reuters)

17 Maret 2010, Jakarta -- Pabrik PZL Mielec bersama mitra yang kini menjadi pemiliknya, Sikorsky Aircraft Corp, meluncurkan produk perdana helikopter Black Hawk tipe S-70i di Mielec, kota di selatan Polandia berjarak 300 km dari Warsawa yang akan ditawarkan pada TNI.

Dubes RI di Warsawa Hazairin Pohan, Rabu (17/3), mengatakan dia diundang pada acara peluncuran tersebut.

Pimpinan Sikorsky Aircraft Corp Bob Kokorda dan Presiden PZL Mielec Janusz Zakrecki saat itu menyatakan produk helikopter tangguh tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Eropa termasuk Polandia sehingga menghasilkan varian internasional baru dari jenis helikopter yang diharapkan akan mendominasi pasar sejenisnya.

“Dalam waktu tiga tahun, kemitraan kami telah berhasil membangun helikopter terbaik di dunia dalam kelasnya, dan karena itu kami optimis akan mampu memenuhi permintaan pasar,” kata Kokorda.

Helikopter Black Hawk tipe S-70i tersebut merupakan produk pertama di Eropa dan disebut multipurpose karena tidak saja terkenal untuk medan pertempuran tetapi juga untuk pesawat angkut, SAR, pemadam kebakaran, maupun transportasi VIP.




Para pekerja PZL Mielec sedang merakit Black Hawk S-70i di Mielec, 11 Maret 2010. (Foto: Reuters)

Pabrik pesawat terbang PZL Mielec yang menghasilkan pesawat angkut skytruck, empat unit kini dimiliki Polri, adalah perusahaan yang cukup berpengalaman dan tiga tahun yang lalu dibeli oleh perusahaan AS, Sikorsky Aircraft Corp, salah satu perusahaan di bawah United Technologies Corp.

Pesawat produk perdana tersebut segera akan dikirim ke Florida, AS, untuk uji kelaikan, untuk seterusnya akan diproduksi di Mielec, Polandia.

Menurut penjelasan pejabat PZL Mielec, pabrik tersebut akan memulai produksi massal helikopter Black Hawk tipe S-70i pada tahun 2012 dengan kapasitas 20 unit per tahun untuk dipasarkan secara internasional.

“Kami tertarik dengan pasar di Indonesia dan menawarkan produk baru Black Hawk tipe S-70i untuk memperkuat armada TNI serta berbagai keperluan dan medan tugas lainnya,” demikian pernyataan Presiden PZL Mielec Janusz Zakrecki kepada Dubes Hazairin Pohan, seusai acara peluncuran perdana.

PZL Mielec merupakan perusahaan yang telah dikenal di Indonesia untuk produk pesawat skytruck, yang kini digunakan dalam armada operasi Polri yang juga berjasa dalam mengatasi transportasi personil maupun makanan dan obat-obatan pada saat bencara tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004.

SURYA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment