Thursday, March 18, 2010

F-16 TNI AU Siaga selama Kunjungan Presiden Obama


18 Maret 2010, Jakarta -- TNI AU menyiagakan pesawat tempur F-16 untuk mengamankan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada akhir Maret 2010 ini. Hal itu merupakan bagian dari kesatuan operasi yang dikomando oleh Mabes TNI.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Asisten Operasi TNI AU Marsekal Pertama Bambang Soelistyo saat acara pisah sambut di Jakarta, Rabu (17/3). "Untuk pengamanan VVIP, TNI AU merupakan bagian integral dari Mabes TNI. Dan kita menyiapkan pesawat tempur F-16," ujarnya.

TNI AU juga akan terlibat dalam pengamanan darat dengan menerjunkan satuan elite TNI AU Paskhas. Satuan ini akan bergerak dalam pengamanan VVIP.

Komando Pertahanan Udara Nasional juga akan digerakkan untuk menangani pengamatan wilayah udara. Ia mengaku belum mengetahui berapa banyak kekuatan pengamanan dari Amerika Serikat yang akan diterjunkan untuk pengamanan Obama nanti.

"Mereka sudah tertata dan koordinasi sudah dilakukan tapi itu merupakan kewenangan Mabes TNI. Protapnya sudah bagus dan ini bukan sekali saja, sudah pernah dulu," tukasnya.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment