Wednesday, March 17, 2010

Indobatt Gelar Latihan Operasi Udara di Lebanon


16 Maret 2010, Lebanon -- Memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit pemelihara perdamaian selalu mendapat perhatian yang besar dari Komando UNIFIL (United Nations Interim Forces In Lebanon).

Komitmen tersebut dilandasi tujuan tugas yang menuntut kesiapan operasional seluruh peacekeeper dalam menghadapi berbagai bentuk dinamika yang mungkin terjadi di sepanjang perbatasan Lebanon Selatan. Oleh karena itu, gelar latihan dari tingkat perorangan, satuan dan bahkan latihan antar satuan diatur oleh UNIFIL sesuai program kerja yang berlaku di daerah operasi.

Perwira Penerangan Konga XXIII-D/Unifil, Kapten Arh Yogi Nugroho, BSC, mengemukakan dalam rangka mendukung komitmen dan program kerja UNIFIL tersebut, maka Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/UNIFIL (Indobatt) menggelar Air Operation Exercise (Latihan Operasi Udara) pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2010.

Kegiatan latihan yang dipimpin langsung oleh Komandan Indobatt Letkol Inf Andi Perdana Kahar tersebut melibatkan 2 Tim Indonesian Battalion Mobile Reserve (BMR/Unit Cadangan Batalyon Indobatt yang setiap saat siap bergerak) dan 2 unit helikopter Super Puma Sektor Timur UNIFIL serta perkuatan berupa 4 unit kendaraan tempur terdiri dari 2 unit Panhard dan 2 unit VAB. Latihan yang berlangsung sekitar satu jam ini turut disaksikan secara langsung oleh Komandan Indobatt beserta para pejabat Komandan Kompi Mekanis dan Perwira Staf Indobatt.

Air Operation Exercise yang baru pertama kalinya dilakukan oleh Indobatt tersebut dimulai dengan penyampaian perintah operasi Komandan Sektor Timur UNIFIL kepada Komandan Indobatt yang berisikan perintah peluncuran 2 Tim BMR menggunakan helikopter guna menyelesaikan trouble spot secara cepat.

Menindaklanjuti perintah operasi tersebut, maka 2 Tim BMR yang masing-masing dipimpin oleh Lettu Inf Kadek Abriawan dan Lettu Inf Arief Widyanto segera menyiapkan diri. Melalui profesionalisme yang selalu dikedepankan oleh Indobatt, maka dalam waktu relatif singkat kedua tim dapat diangkut oleh helikopter dan bergeser dari Helly Pad Markas Indobatt, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr menuju Helly Pad OGL, E8, PB MAR, Markaba. Peluncuran kedua tim BMR tersebut terbagi menjadi 2 sorti penerbangan dengan menggunakan 2 unit helikopter yang berbeda dalam selang waktu sekitar 10 menit antara penerbangan pertama dan penerbangan kedua.



Lebih lanjut, rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh personel Indobatt di tempat tujuan PB MAR meliputi pengamanan parameter Helly Pad oleh perkuatan 4 unit kendaraan tempur, pendaratan kedua tim BMR, penggelaran dan pelaksanaan komunikasi mobil ke Sektor Timur UNIFIL serta proses embarkasi personel BMR ke dalam helikopter untuk selanjutnya bergeser kembali ke Markas Indobatt di Adshit Al Qusayr.

Di penghujung latihan, Komandan Indobatt mengambil waktu untuk evaluasi kegiatan dan menekankan kembali arti penting profesionalisme peacekeeper Indobatt yang harus selalu dikedepankan dalam melaksanakan misi pemeliharaan perdamaian di Lebanon Selatan.

PUSPEN TNI/POS KOTA

No comments:

Post a Comment

Post a Comment