Thursday, March 18, 2010

Nerpa Siap Disewakan 10 Tahun Ke AL India

Kapal selam nuklir kelas Akula-II Nerpa-K152. (Foto: militarytimes.com)

18 Maret 2010 -- Rusia mengumumkan siap mengirimkan kapal selam serang nuklir Nerpa yang disewa India selama 10 tahun, diberitakan harian The Times of Reported, Rabu (17/3) mengutip sumber di Kementrian Pertahanan India.

Menurut harian tersebut, Rusia dan India menegaskan kesepakatan menyewa kapal selam Nerpa K-152 saat kunjungan Perdana Menteri Vladimir Putin ke India minggu lalu.

India mengirim 50 orang awak kapal selam termasuk 8 - 10 perwira ke India guna mendapatkan pelatihan mengoperasikan kapal selam nuklir kelas Akula-II. Tim tersebut tinggal selama 15 hari di Rusia. Pertama mereka akan mendapatkan pelatihan intensif di dalam kapal selam Nerpa dan kemudian membawa Nerpa ke India.

Kesepakatan penyewaan Nerpa ditandatangani New Delhi dan Moskow Januari 2004.

Nerpa dijadwalkan diserahkan ke AL India sebagai INS Chakra pada pertenggahan 2008 tetapi terlambat karena masalah teknis. Saat mulai pengujian di laut November 2008, terjadi insiden terlepasnya gas chlorine yang mematikan dan menewaskan 20 pekerja galangan dan awak kapal.

Sebelumnya India menyewa kapal selam nuklir kelas Charlie-I dari Rusia 1988 hingga 1991. Kapal selam diberinama INS Chakra saat bertugas di AL India.

India telah meluncurkan kapal selam nuklir buatan dalam negeri INS Arihant tahun lalu, saat ini masih dalam pengujian.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment