Friday, September 4, 2009

Sertijab Danlantamal III Jakarta


4 September 2009, Jakarta -- Serah terima jabatan merupakan hal yang secara alamiah selalu terjadi di organisasi dimanapun, termasuk TNI Angkatan Laut. Melalui serah terima jabatan diharapkan terjadinya penyegaran yang akan memacu motivasi dan lahirnya inovasi baru guna memantapkan kinerja organisasi.

Hal tersebut dikatakan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Soeparno pada upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edy Yusuf kepada Laksma TNI Drs. Johnny Elly Awuy di lapangan Apel Markas Komando Lantamal III, Jalan Gunung Sahari Raya No. 2 Jakarta, Kamis (3/9).

Pangarmabar menjelaskan bahwa, Lantamal III merupakan Komando Operasional Koarmabar, dengan wilayah kerja yang membentang mulai dari Selat Sunda hingga perairan Bangka Belitung dan pada wilayah kerja tersebut terdapat Alur Laut Kepulauan Indonesia – I (ALKI – I) yang setiap hari padat dilalui oleh berbagai jenis kapal.

Menurut Pangarmabar, beberapa tahun terakhir ini, berbagai tantangan tugas yang menonjol diwilayah kerja Lantamal III antara lain adalah penanganan aksi-aksi ilegal di laut, terutama penyelundupan komoditi ekonomi, narkoba, senjata dan bahan peledak, pencemaran lingkungan hidup, illegal fishing, illegal mining, pencurian kekayaan di laut, bantuan terhadap bencana alam, terorisme serta gangguan terhadap obyek vital nasional.

“Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa beratnya tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul dan dijawab secara tuntas oleh Lantamal III beserta jajarannya. Hal ini sangat beralasan mengingat wilayah perairan dan masyarakat maritim membutuhkan kehadiran TNI Angkatan Laut untuk menciptakan rasa aman dan jaminan keselamatan penggunaan laut dalam rangka mewujudkan masyarakat yang aman, adil, damai dan sejahtera.

Turut hadir pada Sertijab Danlantamal III, antara lain Inspektur Jenderal dan Perbendaharaan TNI Angkatan Laut (Irjenal) Mayor Jenderal TNI (Marinir) Djunaidi Djahri dan para mantan Danlantamal III serta Pejabat Teras TNI Angkatan Laut.

DISPENAL

No comments:

Post a Comment

Post a Comment