Friday, September 4, 2009

Pangdam Pattimura Jamin Pulau Terluar Maluku

Daftar pulau-pulau terluar di Provinsi Maluku berdasarkan data Bakosurtanal.

3 September 2009, Ambon -- Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Mohammad Noer Muis menjamin 18 pulau terluar di Maluku aman dari isu jual beli sebagaimana terjadi di Kabupaten Mentawai, Sumatra Barat. "Ke-18 pulau terluar itu tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah Maluku yang aman dari isu jual beli seperti `kasus` Mentawai melalui internet," katanya di Ambon, Kamis.

Pangdam mengatakan, secara intensif pihak TNI dan Polri melakukan pemantauan melalui udara maupun laut sehingga dipastikan pulau terluar di Maluku tidak mungkin diakui negara lain.

Ia mengatakan, 11 pulau terluar di Kabupaten Maluku Barat Daya letak geografis dekat dengan Timor Leste. Sedangkan delapan lainnya di Kabupaten Kepulauan Aru yang berbatasan langsung dengan Australia. "Kami melibatkan masyarakat, terutama para nelayan dalam pengamanan pulau terluar dengan kesadaran melaporkan kemungkinan adanya aktivitas mencurigakan sehingga cepat dilakukan penanganan," ujar dia.

Dia mengatakan, Undang-Undang No.27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil menggariskan aset negara tersebut tidak boleh diperdagangkan. "Diperbolehkan hanya sewa menyewa berdasarkan pada ketentuan yang diatur jika ada investor asing berniat menanamkan modalnya pada pulau-pulau terluar," lanjut dia.

Namun, kata dia, hal itu harus mendapatkan izin resmi Menteri Kelautan dan Perikanan. Orang asing boleh berusaha di sebuah pulau, namun statusnya tetap milik Indonesia. "Ini komitmen TNI dan Polri di Maluku untuk mengamankan 18 pulau terluar yang merupakan aset bangsa Indonesia," ujar Pangdam Muis.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Maluku, Polly Kayhattu mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan potensi 18 pulau terluar dengan mayoritas kaya aneka sumberdaya hayati laut bernilai ekonomis. "Terobosan ini untuk memberikan kepastian bagi investor yang berminat menanamkan modalnya di Maluku guna mengelola potensi sumberdaya hayati laut sebagai sektor andalan dalam memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah," katanya.

tvone

No comments:

Post a Comment

Post a Comment