Wednesday, September 2, 2009

Cina Memamerkan Rudal-Rudal Baru Pada Parade 1 Oktober

Rudal balistik antar benua CSS-X-10 (Dong Feng-41). (Foto: wikipedia)

2 Desember 2009 -- Cina akan memamerkan lima tipe rudal baru buatan dalam negeri pada parade militer hari nasional 1 Oktober, diberitakan media lokal mengutip sumber militer, Rabu (2/9).

Harian Global Times memberitakan lima rudal baru tersebut termasuk rudal balistik antar benua CSS-X-10 (Dong Feng-41) dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam CSS-NX-4 (JL-2), rudal jelajah konvensional, rudal konvensional jarak menengah dan pendek.

DF-41 mirip SS-27 Topol M.

“Rudal-rudal ini dirancang dan diproduksi oleh Cina sendiri serta tidak pernah dipublikasikan secara resmi sebelumnya,” tulis harian tersebut mengutip sumber militer yang namanya tidak mau disebutkan.

Menurut sumber umum , CSS-X-10 rudal balistik berbahan bakar padat berpangkalan di darat terbaru dikerjakan oleh Cina serta menunjukkan pencapaian tertinggi teknologi rudal Cina.

DF-41 dipercaya sama dengan Rudal Rusia SS-27 Topol-M, yang mampu menyerang AS. Rudal ini sepertinya akan menjadi kekuatan pemukul nuklir utama Cina.

CSS-NX-4 berbahan bakar padat - cair dua tingkat, mampu mencapai sasaran hingga 8000 kilometer dengan mengusung hulu ledak tunggal atau multi.

Rudal ini dikembangkan untuk ditempatkan di kapal selam strategis Cina saat ini dan generasi baru.

Cina membuat kemajuan dalam pengembangan kekuatan nuklir sejak terakhir kali parade militer di Taman Tiananmen 1999.

Sumber tersebut menambahkan Cina telah mengembangkan rudal nuklir dan konvensional, berbahan bakar campuran padat - cair serta cair, dengan jarak berbeda, respon darurat cepat dan mengenai sasaran presisi.

“Setiap negara yang mencoba menyerang Cina dengan senjata nuklir harus bersiap menerima pembalasan, meskipun telah mempunyai sistem anti rudal,” ujar Sumber kepada Global Times.

RIA Novosti/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment