Thursday, September 3, 2009

F-16I Sufa AU Israel Digrounded Sementara

F-16I Sufa. (Foto: israeli-weapons.com)

3 September 2009 -- KASAU Israel Mayor Jenderal Ido Nehushtan memutuskan Rabu malam (2/8) untuk sementara mengrounded seluruh pesawat tempur F-16I Sufa untuk operasi pelatihan setelah sebuah pesawat mengalami kerusakan mesin dan melakukan pendaratan darurat.

Insiden terjadi Rabu siang ketika mesin sebuah jet tempur F-16I saat melakukan penerbangan rutin mesinnya mengalami kerusakan. Pilot memutuskan mematikan mesin dan melakukan pendaratan darurat di pangkalan udara Ramon, Negev.

Israel membeli 102 F-16I berkursi tandem dari Lockheed Martin, pesawat ini dilaporkan mampu terbang hingga 2100 kilometer.

Setelah pendaratan darurat, Nehushtan memutuskan mengrounded pesawat untuk dilakukan inspeksi. Keputusan grounded pesawat ini merupakan kedua kalinya, pada Maret 2008 Angkatan Udara Israel memutuskan mengrounded F-16I setelah ditemukan bahan kimia formaldehyde didalam kokpit salah satu pesawat.

Keputusan menghentikan latihan penerbangan untuk sementara waktu setelah beberapa pilot mengeluhkan tercium bau tidak sedap dalam kokpit pesawat. Tim medis AU Israel melakukan pengujian dan menemukan sumber bau berasal dari formaldehyde yang bersifat karsiogenik dalam konsentrasi tinggi.

THE JERUSALEM POST

1 comment:

  1. Hi, it's a great blog.
    I could tell how much efforts you've taken on it.
    Keep doing!

    ReplyDelete