Tuesday, September 1, 2009

KASAL: Kedaulatan Negara Harus Ditegakkan Dan Harus Dihormati Oleh Siapa Saja


1 Agustus 2009, Surabaya -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H., menegaskan bahwa Indonesia sebagai negara yang merdeka harus mampu menjaga kedaulatannya, demi menjamin pemanfaatan sumber daya bagi kesejahteraan rakyat Indonesia, serta menjaga martabat dan kehormatan negara di mata masyarakat dunia. Sebagai negara merdeka, kedaulatan itu diimplementasikan dengan membuat peraturan perundang-undangan nasional yang harus dihormati dan dipatuhi oleh siapa saja, termasuk dunia internasional.

Ketaatan terhadap hukum nasional berarti menghormati kedaulatan negara kita. Sedangkan sebaliknya, pelanggaran terhadap ketentuan hukum nasional yang berlaku, berarti pelanggaran terhadap kedaulatan negara, tegas Kasal Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H., dalam amanatnya pada acara serah terima jabatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dari Laksamana Muda TNI Lili Supramono kepada Laksamana Pertama TNI IGN Dadiek Surarto di Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (31/8).

Laksda TNI Lilik Supramono selanjutnya akan menjabat Staf Khusus Kasal di Mabes TNI AL, sedangkan Laksma TNI IGN Dadiek Surarto sebelumnya menjabat Komandan Lantamal VI Makassar. Kedaulatan negara tersebut lanjut Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H., harus dijunjung tinggi dan ditegakkan oleh aparatur negara yang terkait. Dalam konteks tersebut, secara universal, TNI AL juga mengemban tugas itu, yaitu menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut. Hal tersebut harus benar-benar dipahami secara mendalam dan diartikan bahwa TNI AL khususnya, Komando Armada Kawasannya, harus seutuhnya mampu melindungi dan mengamankan kekayaan alam bangsa Indonesia di laut.

“Angkatan Laut harus mampu melaksanakan penegakan kedaulatan dan keamanan di laut secara konsisten, karena pada hakekatnya semua produk hukum yang dibuat oleh negara serta upaya penegakannya adalah untuk menjaga tetap tegak dan kokohnmya kedaulatan negara Indonesia”, kata Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno S.H.

Menurut pemimpin tertinggi dilingkungan TNI AL ini, bahwa tolok ukur keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AL dapat dilihat dari sejauhmana TNI AL mampu menjaga dan mengamankan wilayah laut Indonesia, dengan wujud nyatanya adalah berupa jumlah unsur-unsur yang mampu digelar sesuai dengan jenis operasinya, serta seberapa besar jaminan keamanan laut yang mampu diberikan.

“Kesemuanya ini harus menjadi titik sentral perhatian bagi kita bersama, karena hal tersebut tidak saja menyangkut tentang pelaksanaantugas-tugas TNI AL, tetapi juga merupakan wujud pertanggungjawaban kita kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tegasnya.

DISPENAL

No comments:

Post a Comment

Post a Comment