Wednesday, January 28, 2009

UNIFIL Inspeksi Kesehatan Markas KONGA XXV-A

27 Januari 2009, Untuk menjaga kesehatan dan mencegah dari berbagai penyakit bagi setiap anggota peacekeeper yang sedang melaksanakan tugas di Lebanon, Tim Kesehatan dari Headquarter UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) yang berjumlah 3 orang dibawah pimpinan Letkol Ckm Hari Soesetyo, Senin (26/1) melakukan inspeksi kesehatan di lingkungan Satuan Tugas (Satgas) POM TNI Kontingen Garuda (Konga) XXV-A/Unifil. Tim Kesehatan UNIFIL diterima langsung oleh Dansatgas POM TNI Konga XXV-A/UNIFIL, Letkol CPM Ujang Martenis yang didampingi oleh Dokter Satgas Konga XXV-A/Unifil, Mayor Ckm dr. I Nyoman Linggih.

Menurut Mayor Ckm dr. I Nyoman Linggih, bahwa pemeriksaan yang dilakukan Tim UNIFIL adalah sebagai langkah awal pencegahan terhadap berbagai jenis penyakit menular yang bisa disebabkan oleh faktor sanitasi lingkungan yang tidak sehat maupun karena penyakit menular lainnya, seperti hepatitis, kholera, typhoid (tifus) dan disentri.

Fokus pemeriksaan ditujukan terhadap kelayakan air minum, kebersihan dapur, kebersihan makanan mulai dari proses menyimpan, memasak dan menyajikan makanan, kebersihan tempat tinggal, kebersihan kamar mandi, penyimpanan dan pembuangan sampah, serta kesehatan personel dapur. Melalui sanitasi lingkungan yang sehat diharapkan seluruh prajurit Satgas POM TNI Kontingen Garuda XXV-A/UNIFIL akan terpelihara kondisi kesehatannya, sehingga selalu siap dalam melaksanakan tugas.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Tim Kesehatan Headquarter UNIFIL menilai bahwa Hygiene Sanitasi Lapangan Satgas POM TNI Kontingen Garuda XXV-A/UNIFIL cukup baik dan memenuhi standar penugasan dibawah bendera PBB. Kondisi ini tercipta berkat arahan dari Dansatgas POM TNI Konga XXV-A yang selalu menekankan kepada seluruh prajuritnya untuk selalu menjaga dan memelihara kesehatan perorangan dan kesehatan lingkungan. (tni.mil.id)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment