Thursday, January 29, 2009

Rapim TNI Tahun 2009

29 Januari 2009, Jakarta -- Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso memimpin Rapat pimpinan (Rapim) TNI yang dilaksanakan di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (28/1). Rapim TNI tahun 2009 tersebut diikuti oleh para Panglima Komandan atau pimpinan segenap jajaran Komando dan Staf TNI sebanyak 136 peserta dan 10 perwira peninjau.

Dalam rapim TNI tahun 2009 tersebut Panglima TNI menyampaikan arah kebijakan dalam rangka pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI pada tahun 2009 baik untuk tugas Operasi militer perang maupun operasi militer selain perang sesuai dengan Undang – undang RI no 34 tahun 2004.

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas – tugas dan pengabdian TNI di tahun 2009, telah ditetapkan pokok – pokok kebijakan tahun 2009 untuk menjadi pedoman bagi jajaran TNI. kebijakan tersebut disebut “Panca Tunggal kebijakan”. Pada dasarnya panca tunggal kebijakan tersebut adalah lima kebijakan pokok pimpinan TNI yang meliputi kebijakan pembinaan TNI, penggunaan kekuatan TNI, bidang kesejahteraan personel, bidang reformasi internal TNI dan kebijakan bidang tertib administrasi yang merupakan satu paket kebijakan pembinaan yang bulat dan utuh serta dilaksanakan secara terintegrasi, terkoordinasi dan simultan. Kelima kebijakan tersebut pada hakekatnya adalah upaya untuk mencapai “catur tunggal sasaran” yaitu kesiapan operasi satuan, profesionalisme prajurit TNI, kesejahteraan prajurit, PNS TNI dan keluarganya dan tertib administrasi yang muara akhirnya bersifat tunggal yakni keberhasilan tugas pokok TNI sebagai alat komponen utama pertahanan negara.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan arah kebijakan program dan anggaran TNI tahun 2010 dengan menajamkan skala prioritas serta mengefektifkan dan mengefisiensikan penggunaan anggaran. Dalam Rapim TNI tahun 2009 Panglima TNI memberikan beberapa penekanan kepada para peserta Rapim TNI diantaranya adalah yang berkenaan dengan kesiapsiagaan operasional TNI termasuk kesiapan mengamankan Pemilu 2009, pembinaan dan pengembangan satuan, penggunaan dan gelar kekuatan TNI, Reformasi Internal TNI, kerjasama militer dan Program serta anggaran.

Usai pelaksanaan Rapim, Panglima TNI mengadakan jumpa Pers di Aula Balai Wartawan Puspen TNI. Hadir mendampingi Panglima TNI adalah Kasad, Kasal, Kasau, Kasum TNI, Asrenum Panglima TNI, Kapuspen TNI dan beberapa pejabat Mabes TNI. (tni.mil.id)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment