Sunday, April 18, 2010

Warga Sabang Berwisata ke Kapal Perang

Gelar Open Ship KRI Sultan Iskandar Muda-367 Rabu (14/4) di Dermaga Lanal Sabang mendapat diramaikan warga Sabang yang berdatangan memenuhi kapal itu. Sejumlah pengunjung memanfaatkan momen langka itu dengan mengamati perlengkapan kapal sambil memotret sejumlah obyek menarik. (Foto: SERAMBI/FERDI NAZIRUN SIJABAT)

17 April 2010, Sabang -- Kapal perang terbaru milik TNI AL, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) - 367, Rabu (14/4), tiba di Sabang. Usai mengikuti simulasi penanganan aksi teroris pembajakan kapal nelayan di Teluk Sabang sekira pukul 12.40 WIB, sorenya kapal yang dikomandani Letkol Laut (P) Ariantyo Condro Wibowo, membuka kunjungan ke kapal. Sejak pukul 16.00 WIB, warga Sabang mulai memadati kapal yang dibuat di galangan Schelde Naval Shipbuilding (SNS), Vlissingen, Belanda itu. Warga dibolehkan beriwisata sambil menjelajahi ruangan, dek kapal, hingga ke haluan kapal. Hingga pukul 17.30 WIB, warga masih saja berdatangan ke kapal. Para penjaga yang tak lain adalah kru KRI SIM tampak melempar senyum sambil mempersilakan pengunjung untuk melancong ke dalam kapal perang itu.

Penasaran dengan kemewahan kapal perang yang dibanderol sekitar Rp 1,7 Trilyun ini, sejumlah pengunjung pun berdesakan naik ke dek atas untuk melihat panorama sekitar Teluk Sabang dari sisi kanan atas kapal. Ada juga yang masuk ke ruang kemudi melihat perlengkapan canggih yang dimiliki kapal ini. Kegiatan open ship ini lazim digelar kapal-kapal perang yang pernah singgah di Sabang. Tradisi serupa juga acap digelar oleh KRI Dewa Ruci. Istimewanya kru KRI SIM ini adalah mereka hapal betul dengan sejarah Sultan Iskandar Muda.

Serambi News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment