Thursday, April 22, 2010

Masa Tugas Satgas Pulau Terluar Mapia Diperpanjang


22 April 2010, Biak -- Masa tugas pasukan marinir TNI AL yang ditempatkan di Pulau Brasi, Kepulauan Mapia, Kabupaten Supiori, Papua yang merupakan pulau terluar diperpanjang hingga satu bulan dari normalnya dua bulan masa tugas.

Komandan Kompi Satgas PAM VIII TNI AL untuk pulau terluar, Lettu Marinir Muhammad Achyar Marpaung mengatakan penambahan masa tugas itu untuk memudahkan embarkasi agar tidak terjadi kerawanan seperti kehilangan senjata dan sebagainya. Sebab upaya pengamanan yang dilakukan pusatnya berada di Pulau Brasi, dan tugas patroli dan pengintaian laut, darat bahkan pantai dilakukan hingga ke Pulau Vanildo dan Pegun.

"Penambahan masa tugas pasukan ini adalah kebijakkan kami untuk mencegah adanya kerawanan terutama pada saat embarkasi," kata Muhammad Achyar Marpaung kepada Jurnal Nasional, Rabu (21/4).

Jumlah pasukan marinir yang ditempati di kepulauan tersebut sebanyak satu peleton yang terdiri dari 34 orang. Pergantian pasukan baru saja dilakukan sejak 19 April lalu.

Kepala kampung Mapia, Andi Msen mengatakan keberadaan pasukan pengamanan tersebut sangat memberikan banyak bantuan dan perlindungan bagi masyarakat yang mendiami pulau terluar.

"Kini masyarakat kami merasa aman karena ada yang menjaga pulau-pulau ini," kata Andi Msen.

JURNAS

No comments:

Post a Comment

Post a Comment