Monday, April 19, 2010

Danjen Kopassus Jamin Prajurit Paham HAM

Peringatan HUT ke-58 Kopassus digelar di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (16/4/2010). Acara ini dimeriahkan dengan peragaan bela diri dan defile pasukan. (Foto: detikFoto/Ramadhian Fadillah)

19 April 2010, Jakarta -- Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI AD, Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus mengatakan, kurikulum pendidikan bagi prajurit Kopassus sudah memasukkan materi hukum HAM dan humaniter. Untuk itu, Kopassus juga bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk pelatihan-pelatihan HAM.
“Saya yakini bahwa tidak ada satu pun prajurit Kopassus yang tidak memahami HAM, dan pada gilirannya dia harus menghormati HAM,” kata Danjen Kopassus, Mayjen TNI Lodewijk F Paulus usai memimpin upacara peringatan HUT ke-58 Kopassus di Markas Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (16/4).

Menurut Lodewijk, Kopassus telah mendorong reformasi di internal khususnya dari aspek doktrin. Karena itu, dia berharap agar tidak melihat Kopassus sekarang dengan dengan menggunakan kaca mata lalu.

“Itu kan gak fair, gak adil,” katanya.

Menurutnya, kedepan Kopassus harus berpikir kemajuan dari seluruh aspek pembinaan satuan baik dari aspek pembinaan personil, pembinaan material, pembinaan piranti lunak, pembinaan pangkalan agar semuanya bisa maju.

“Kita harapkan semua aspek dari pembinaan satuan kedepan, maju seiring dan makin modern,” katanya.

Pada kesempatan itu, Danjen Kopassus juga mengatakan, ada tiga kebutuhan pembinaan Kopassus yaitu kontra teror atau penanggulangan terorisme, sandi yudha, dan parako. Kedepan dievaluasi agar bisa ditingkatkan.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI George Toisutta mengatakan, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danjen Kopassus, mengatakan, Kopassus telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menjaga integritas serta kedaulatan bangsa dan negara.

Menurut George, perjalanan panjang pengabdian satuan (Kopassus) ini telah mampu mencatat berbagai prestasi dan keberhasilan membanggakan yang pada hakikatnya tidak terlepas dari pengorbanan dan sumbangsih para pendahulu, para senior dan para sesepuh yang dengan penuh ketekunan bekerja keras meletakkan dasar dan memupuk serta memantapkan upaya pembinaan Korps baret merah.

Peringatan HUT ke-58 Kopassus ini mengangkat tema “Berlandaskan Soliditas dan Profesionalisme yang tinggi, Kopassus Bertekad Memantapkan Pengabdian guna Mendukung Tugas Pokok TNI”.

JURNAS

No comments:

Post a Comment

Post a Comment