Thursday, February 12, 2009

TNI-AU Lanjutkan Program Peremajaan Hercules

C-130 Hercules TNI-AU (Foto: tni-au.mil.id)

12 Februari 2009, Jakarta -- TNI-AU akan melanjutkan program peremajaan (retrofit) pesawat-pesawat Hercules C-130 tipe B miliknya untuk meningkatkan kemampuan pesawat angkut militer tersebut dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Subandrio atas perrtanyaan ANTARA News usai menghadiri penandatanganan nota kesepahaman Revitalisasi Program Keluarga Berencana (KB) dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Jakarta, Kamis, mengatakan pada tahap pertama TNI AU telah melakukan peremajaan empat Hercules.

"Dari empat Hercules dua unit C-130 Hercules pertama akan diremajakan di Singapura, dan akan selesai April mendatang," ujarnya.

Berdasar data ANTARA News, peningkatan kemampuan pesawat Hercules TNI AU yang dilakukan di Singapura mencakup perbaikan airframe (badan pesawat), modifikasi avionik dan modifikasi mesin.

Peremajaan dua pesawat Hercules terakhir akan dilakukan di Depo Pemeliharaan 30 Pangkalan Udara Abdurrahman Saleh yang mencakup peningkatan kemampuan mesin dari T56-7 ke T56-15 atau ditingkatkan dari tipe B ke tipe H.

Sementara itu, peningkatan kemampuan yang dilakukan di Depo Pemelihartaan 10 Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung, mencakup perbaikan badan pesawat dan modifikasi avionik.

Selain itu, TNI AU sekaligus mengirimkan teknisi ke Singapura untuk meningkatkan kemampuannya dalam pemeliharaan dan perbaikan pesawat Hercules.

Kasau menambahkan, setelah proses peremajaan empat unit Hercules selesai, maka akan langsung dilakukan proses yang sama terhadap lima unit tipe pesawat yang sama. "Kelima unit Hercules mendatang akan di-retrofit di Depo 10 dan 30 sepenuhnya oleh teknisi-teknisi TNI AU yang sebelumnya dikirim ke Singapura," kata Subandrio. (antara.co.id)

No comments:

Post a Comment