Thursday, February 12, 2009

Pangdam VI/Tanjung Pura Resmikan Kodim Kutai Barat


11 Februari 2009, Balikpapan -- Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman meresmikan penggunaan Markas Kodim 0912/Kutai Barat yang masuk wilayah kendali Korem 091/Asn serta melantik Letkol Inf Danang Winarta sebagai pejabat Komandan Kodim ( Dandim) 0912/Kubar yang pertama, Selasa (10/02) bertempat dihalaman kompleks Kantor Bupati Kutai Barat.

Pada saat peresmian Kantor Makodim Kubar tersebut Pangdam VI/Tpr menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Kubar yang telah menyiapkan lahan Markas Komando Distrik Militer ( Makodim ) 0912/Kutai Barat yang sangat luas hingga luasnya mencapai empat hektar dengan dilengkapi bangunan-bangunan penunjang yang besar dan baik.

Luas areal Makodim yang mencapai empat hektar ini teryata mampu diwujudkan Bupati Kubar. Awalnya pihak Kodam VI/Tpr memang meminta agar pembangunan Makodim di areal seluas empat hektar dan itu diwujudkan, karena luasnya itu merupakan standar pembangunan Makodim dan nantinya Makodim Kubar ini menjadi contoh untuk pembangunan Kodim-Kodim yang lain, ” Ujar Pangdam.

Menurut Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman, Makodim 0912/Kubar merupakan Markas Komando Distrik Militer yang terbesar di Kaltim bahkan se-Indonesia. Ini menunjukan semangat Pemkab Kubar membantu TNI dalam mengamankan wilayah Kubar.


Lebih lanjut Pangdam VI/Tpr menguraikan bahwa untuk pengamanan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di kawasan Kubar terdapat pos yang sangat jauh yaitu Pos Lasantuyan. Untuk perjalanan menuju pos itu membutuhkan waktu tujuh hari. “ Nah dengan dibangunnya Makodim 0912/Kubar maka lebih memperpendek jarak tempuh anggota yang melakukan pengamanan perbatasan, Kata Pangdam.

Pada kesempatan itu juga, Pangdam meminta Dandim 0912/Kubar Letkol Inf Danang Wiranta untuk segera menyiapkan pembentukan Koramil di 21 Kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Kutai Barat. Saat ini baru terbentuk 13 Koramil. Personel yang ditempatkan di wilayah Kodim Kubar sebanyak 328 orang. Peresmian Kodim 0912/Kubar tersebut dihadiri unsur Muspida Kubar, Danrem 091/Asn, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, serta sejumlah perwira lingkungan Kodam VI/Tpr. (kodam-tanjungpura.mil.id)

No comments:

Post a Comment