Friday, February 13, 2009

Singapura Gabung Pasukan Multi Internasional

Super Puma AU Singapura

12 Februari 2009, Singapura -- Singapura akan mengirim sebuah kapal dan dua helikopter untuk bergabung dengan operasi anti perompakan yang digelar pasukan multi internasional, kata televisi milik pemerintah yang mengutip pernyataan menteri pertahanannya.

Teo Chee Hean mengemukakan kepada parlemen Singapura, bahwa sebagai satu negara maritim Singapura terikat untuk mendukung usaha-usaha internasional menyelamatkan dan mengamankan jalur pelayaran, kata televisi Saluran NewsAsia di lamannya.

Teo mengatakan penggelaran kapal pendarat tank dan helikopter Super Puma akan dilakukan setelah 'pengaturan-pengaturan operasional' dibuat tahun ini, dan kapal serta helikopter itu berada di kawasan itu selama tiga bulan.

Para perompak membajak kapal-kapal di Teluk Aden yang menghubungkan Eropa dengan Asia dan Timur Tengah melalui Terusan Suez, membajak belasan kapal tahun lalu dan memperoleh uang tebusan jutaan dolar.

Angkatan laut asing termasuk dari China, negara-negara Uni Eropa dikerahkan untuk menghadapi ancaman perompakan dan usaha itu berhasil mengurangi jumlah pembajakan , walaupun sebuah kapal tangki dibajak 29 Januari.

Satuan Tugas Gabungan 151, dengan sekitar delapan kapal perang termasuk kapal-kapal AS dan negara-negara lain dari Inggris, Kanada, Denmark,Prancis, Jerman dan Pakistan. (kapanlagi.com)

No comments:

Post a Comment