Tuesday, February 10, 2009

5 Batalyon Siaga Pengamanan Pemilu 2009 di Medan

10 Februari 2009, Medan -- Proses pengamanan Pemilu 2009, Kodam I Bukit Barisan menyiagakan lima batalyon pasukan di wilayah Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). “Namun penyiagaan pasukan itu tidak ada kaitannya dengan peristiwa 3 Pebruari di gedung DPRD Sumut,” kata Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan, Letkol CAJ DR. H. Asren Nasution di Medan, Selasa (10/2).

Menurutnya, lima batalyon itu adalah Yonif 100 Raider, Yon Zipur 1/Dhira Dharma, Yon Kav 6/Serbu, Yon Armed 2/105 Kilap Sumagan dan Yon Aarhanudse 11 Berdiri Sendiri. Lima batalyon pasukan tersebut disiagakan di markas satuannya masing-masing dan siap dikerahkan kapan pun jika dibutuhkan dalam pengamanan Pemilu 2009.

Meski tidak terkait pengamanan yang berhubungan aksi anarkis pendukung Provinsi Tapanuli (Protap), namun Kodam I Bukit Barisan siap memberikan dukungan terhadap Polda Sumut jika dibutuhkan. “Kapan saja pasukan itu dibutuhkan, Kodam I Bukit Barisan selalu siap, tetapi harus melalui prosedur yang ditetapkan,” kata Nasution. (surya.co.id)

No comments:

Post a Comment