Thursday, February 12, 2009

Kemampun Teritorial Prajurit Tidak Semudah Membalikan Tangan


11 Februari 2009, Papua -- Komandan Korem 172/Praja Wirayakti Kolonel Czi I Made Sukadana mengatakan bahwa kemampuan teritorial yang baik bagi seorang prajurit, tidak semudah membalikkan tangan. Demikian amanat Komandan Korem 172/Praja Wirayakti yang dibacakan Kepala Staf Korem 172/Praja Wirayakti Letkol Inf Marsudi pada Upacara Pembukaan Latihan Perorangan Dasar Teritorial bagi Prajurit Makorem 172/Praja Wirayakti Tahun 2009, di Lapangan Apel Makorem, Rabu (11/2).

”Kemampuan teritorial yang baik bagi seorang prajurit, tidak semudah membalikkan tangan, akan tetapi harus melalui latihan dengan giat, mulai dari tingkat standar hingga tingkat yang lebih tinggi dengan kegiatan yang terencana, secara bertahap, bertingkat dan berlanjut”, ungkapnya.

Sebab tambahnya, Korem 172/Praja Wirayakti sebagai salah satu Sub Kompartemen Strategis di Papua memiliki tugas pembinaan kekuatan kewilayahan yang bertumpu pada pemberdayaan wilayah pertahanan. Tugas dan tanggungjawab ini cukup berat mengingat keadaan geografi, demografi dan kondisi sosial masyarakat yang memiliki kekhususan.

”Mencermati hal tersebut, maka kesiapan, kesiagaan, kepekaan serta kejelian segenap Prajurit Korem 172/Praja Wirayakti harus ditingkatkan dan semua itu, memerlukan semangat pengabdian dan disiplin yang tinggi terutama dalam upaya pembinaan kedalam, baik itu aspek disiplin, aspek profesionalitas, maupun aspek soliditas satuan”, katanya.

”Oleh karena itu, laksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya, karena tidak mungkin kalian dapat melaksanakan tugas dengan baik apabila kemampuan perorangan yang seharusnya dikuasai namun tidak dipahami dengan baik oleh prajurit khususnya bagi seorang prajurit yang bertugas di Komando Kewilayahan”, tambahnya.

Perlu diketahui latihan perorangan dasar kali ini meliputi Materi BPUP 1-7/Teritorial yang diikuti oleh seluruh anggota Makorem 172/Praja Wirayakti sesuai materi dan tingkat kepangkatannya. (tniad.mil.id)

No comments:

Post a Comment