Thursday, February 12, 2009

Batalyon 465 Paskhasau Latihan Jungar

Komandan Lanud Supadio Kolonel PNB Yadi Indrayadi sedang berbincang dengan prajurit Batalyon 465 Paskhas

11 Februari 2009, Pontianak -- Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio, Selasa (10/2) melakukan latihan terjun payung penyegaran tempur di run way Lanud Supadio, Pontianak yang dikuti sebanyak 145 prajurit Batalyon 465 Paskhas.

Komandan Lanud Supadio Kolonel PNB Yadi Indrayadi dalam arahannya mengatakan setiap prajurit paskhas yang mengikuti latihan terjun payung penyegaran ini agar selalu memperhatikan keselamatan diri maupun perlengkapan perorangan. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Disisi lain, latihan terjun ini juga untuk meningkatkan kesiapan prajurit paskhas dalam menghadapi tugas-tugas operasional dalam bidang matra udara.

Sedangkan Komandan Batalyon (Danyon) 465 Paskhas, Mayor PSK Anis Nurwahyudi memimpin langsung latihan terjun tempur tersebut. Pelaksanaannya menggunakan pesawat C-130 Hercules dengan dua kali sortie, sortie pertama terdiri dari 2 run dan sortie kedua berjumlah 4 run, sedangkan ketinggian penerjunan mencapai 1.200 feet.

”Latihan Ini merupakan kelanjutan dari latihan yang telah dilaksanakan oleh Batalyon 465 Paskhas. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan seluruh prajurit Paskhas dalam hal terjun tempur sehingga akan tercapai kesiapan operasional yang tinggi,” jelas Danyon.

Dengan adanya latihan ini diharapkan agar kesiapan operasional seluruh prajurit Batalyon 465 Paskhas dapat meningkat. ”Seluruh prajurit mampu mencapai titik pendaratan yang telah ditentukan dengan aman dan selamat. Mereka juga terampil melaksanakan prosedur penerjunan tempur yang benar serta mampu meningkatkan rasa percaya diri untuk melaksanakan penerjunan, ”jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Danyon, setiap prajurit paskhas harus mampu memelihara profesonalisme sehingga dapat menyikapi apabila ada ancaman yang datang. Untuk itu diperlukan operasi satuan yang tinggi, kondisi ini dapat dicapai bila dilakukan latihan secar bertahap, bertingkat dan berlanjut pada seluruh prajurit.(tni-au.mil.id)

No comments:

Post a Comment