Tuesday, July 13, 2010

Tim Pendahulu Paspampres Awal kesuksesan Tugas Pengamanan Presiden Ditentukan


13 Juli 2010 -- "Setia Waspada" Umumnya, sebelum suatu acara atau kegiatan di suatu tempat/daerah diputuskan untuk dihadiri Presiden RI atau Wakil Presiden RI (acara/kegiatan Kenegaraan) terlebih dahulu diselenggarakan “Rapat Koordinasi” yang diprakarsai oleh Kepala Biro Protokol Sekretaris Presiden. Pada umumnya Rakor ini paling lambat diselenggarakan satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, dengan materi bahasan meliputi kelaiakan acara, tranportasi Presiden/Wakil Presiden, akomodasi dan situasi keamanan daerah setempat. Peserta Rakor yang diundang antara lain perangkat Kepresidenan seperti Biro Protokol, Sekretaris Militer, Paspampres, dan Bais TNI serta dari daerah dihadirkan Panitia penyelenggara, Pemda, aparat TNI dan Polri setempat.


Untuk pengamanan kunjungan Presiden dan Wakil Presiden RI ke suatu daerah, Paspampres selalu mengirimkan tim pendahulu yang sering disebut “Advance Team”. Mereka terdiri dari anggota Grup, Detasemen Deteksi, Detasemen Kesehatan, Denkomlek dan bisa juga diperkuat dari anggota satuan pendukung atau pelaksana lainnya seperti Dronkavser dan Yonwalprotneg. Tim Pendahulu umumnya dipimpin oleh seorang Pamen sebagai Dantim. Bila objek / tempat yang akan dikunjungi lebih dari satu maka dalam organisasi Tim Pendahulu ada beberapa Subtim yang mana dalam setiap Subtim ada unsur Pampri, Pamins, Matan, Deteksi, Foodsec, Komlek dan tentunya seorang Danplek. Yang mengirimkan Tim Pendahulu sebenarnya bukan hanya Paspampres saja, melainkan pihak Protokol Istana, Sesmil dan Bais TNI juga mengirimkan personelnya sebagai Tim Pendahulu.


Tim Pendahulu Paspampres diberangkatkan ke daerah tujuan minimal tiga hari sebelum hari “H”, untuk melakukan koordinasi dengan aparat setempat dan pihak-pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas, melakukan survey tempat guna menilai kebutuhan dan penempatan personel, perlengkapan/peralatan seperti secdoor, Rumah sakit rujukan, Safe Room, Safe House, Rute kunjungan, rute evakuasi medis dan taktis (Konrat). Untuk meyakinkan seluruh persiapan berjalan dengan rencana maka sebelum kedatangan VVIP Tim Pendahulu dengan aparat setempat yang terlibat menyelenggarakan gladi acara kegiatan dan gladi pengamanan. Tim Pendahulu Paspampres dengan waktu yang terbatas harus mampu merencanakan dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga mampu meyakinkan Danpaspamres bahwa lokasi yang akan dikunjungi benar-benar aman. Dipundak Tim Pendahulu lah, awal dari kelancaran dan kesuksesan tugas pengamanan Presiden ditentukan. (Mayor Kav Urip)

Paspampres

1 comment:

  1. FROM US ARMY INDONESIAN
    NAME SERDA DAULAT MANIK
    OFFICE DRONKAVSER PASPAMPRES
    PHONE 081391269125
    MARKAS COMMANDO
    SETIA WASPADA

    ReplyDelete