Saturday, July 17, 2010

Taruna Akademi TNI dan Polri Saksikan Demo Pendaratan di dermaga Kolinlamil

KRI Teluk Tomini-508 digunakan dalam demo pendaratan. (Foto: Dispenal)

16 Juli 2010, Jakarta -- Para Taruna Akademi TNI dan Polri dalam kegiatan Bhinneka Eka Bhakti (BEB) di Kolinlamil menyaksikan demo latihan pendaratan amfibi parsial dengan melibatkan unsur kapal perang jajaran Kolinlamil KRI Teluk Tomini-508 dan Teluk Kau-504, di Kolam Pelabuhan Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (15/7).

Demo kegiatan operasi pendaratan amfibi yang tergabung dalam operasi gabungan tersebut berlangsung dengan menampilkan kegiatan yang diskenariokan dengan berbagai peran tempur mulai berangkat dari pangkalan aju sampai dengan menuju daerah operasi pendaratan, jelas Kadispen Kolinlamil Letkol Laut (Kh) Drs Agus Cahyono.

Dalam kegiatan demo tersebut melibatkan dua KRI dengan didukung dua buah tank amfibi PT 76 dan panser amfibi pendarat BTR-50 dengan satu peleton pasukan Marinir melaksanakan pendaratan di daerah sasaran operasi pendaratan.

Kegiatan demo pendaratan tersebut diawali dengan pelaksanaan berbagai peran tempur mulai dari bahaya serangan udara, perang kebakaran akibat terkenan tembakan pesawat udara musuh di KRI Teluk Tomini-508 dan sebelumnya dilaksanakan peragaan gerakan semaphure sebagai gerakan isyarat komunikasi dikarenakan jaring komunikasi radio terputus.

Demikian pula bantuan tembakan dari kapal perang yang tergabung dalam operasi gabungan tersebut melaksanakan bantuan tembakan ke daerah pantai pendaratan dalam rangka operasi pendaratan amfibi yang dilaksnakan di kolam dermaga Kolinlamil Tanjung Priok,Jakarta
Demo yang dikemas dalam operasi gabungan ini diakhiri dengan meluncurnya dua tank amfibi dan PT 78 dan dua panser amfibi pendarat BTR 50 dari KRI Teluk Tomini-508 dan KRI Teluk Kau-504 di kolam pelabuhan dengan disaksikan para Taruna yang berada di dermaga Kolinlamil.

Sebelum kegiatan demo, para Taruna TNI dan Polri tersebut diberikan pembekalan oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Slamet Yulistiyono di Gedung Laut Natuna Mako Kolinlamil.
Kegiatan pembekalan kepada Taruna dalam kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI dan Polri di Mako Kolinlamil tersebut dihadiri Kas Kolinlamil Laksma TNI Arie H Sembiring dan Irkolinlamil dan para pejabat teras Kolinlamil.

Pelita

No comments:

Post a Comment