Tuesday, July 13, 2010

Lanud Balikpapan Dukung Misi Penerbangan


12 Juli 2010, Balikpapan -- Bertempat di depan hangar pelita, (12/07) Lanud Balikpapan kedatangan empat pesawat F-5/tiger dari skadron udara 14 Lanud Iswahjudi dan juga tiga pesawat F-16/ Fighting Falcon dari skadron udara 3. Selain Terbang Jelajah Medan, pesawat tempur tersebut juga melaksanakan Operasi Pagar Camar 2010. Dalam misi tersebut juga melibatkan pesawat Hercules masing-masing dari skadron udara 32 Abd Saleh dan juga skadron udara 31 Halim Perdana Kusuma sebagai dukungan ground crew.

Terbang Jelajah Medan dimaksudkan untuk melatih para penerbang tempur dalam bernavigasi menuju Pangkalan-Pangkalan Udara yang telah ditentukan. Sedang Operasi Pagar Camar melaksanakan patroli udara di wilayah Timur Indonesia dengan tujuan mengamankan Yurisdiksi wilayah udara nasional dari pelanggaran penerbangan pesawat asing.

Operasi udara ini juga merupakan operasi udara yang dilaksanakan sepanjang tahun, yang dilaksanakan secara acak untuk kepentingan intern. Selama pelaksanaan terbang jelajah tersebut Pangkalan-Pangkalan Udara yang disinggahi meliputi Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Lanud Samratulangi.

Pembersihan areal landasan

Dalam rangka misi operasi fery flight terbang jelajah medan yang rencananya hari ini, (12/07) akan dilaksanakan. Lanud Balikpapan mempersiapkan diri dengan melaksanakan pembersihan areal sekitar tempat diparkirnya pesawat. Acara tersebut melibatkan seluruh personel Lanud tanpa terkecuali dimana tekhnisnya seluruh personel berbaris lurus menyusuri areal tersebut.

Acara tersebut dimulai setelah seluruh anggota lanud melaksanakan apel pagi, karena rencanannya pukul 08.25 WITA pesawat Hercules dari skadron 31 Halim dan 32 Abd Saleh rencanannya sudah akan mendarat, dilanjutkan pesawat F-16 Fighting Falcon sebanyak 3 buah dan juga 4 pesawat F-5 Tiger yang rencanannya hanya sehari berada di Balikpapan dilanjutkan ke home base masing-masing.

Kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap ada kegiatan penerbangan untuk menghindarai kecelakaan oleh benda asing (KOBA). Operasi ini sendiri merupakan operasi acak yang diselenggarakan sepanjang tahun dimana kali ini bertempat diatas wilayah udara Kalimantan dengan melibatkan dua skadron

Pentak Lanud Balikpapan

No comments:

Post a Comment