Thursday, July 15, 2010

AS Serahkan 4 Mi-17 AD Pakistan Yang Telah Diperbaiki


15 Juli 2010 -- Amerika Serikat menyerahkan empat helicopter Mi-17 milik AD Pakistan, Rabu (14/7) di pangkalan udara Chaklala. Helikopter tersebut bagian dari 24 Mi-17 yang dirawat total di AS.

Amerika Serikat mendanai perbaikan 24 Mi-17 AD Pakistan, 12 helikopter telah selesai dan diserahkan tahun lalu. Sisanya delapan helikopter dijadwalkan diserahkan tahun ini. Amerika Serikat dan AD Pakistan sedang membicarakan dana perawatan total 10 Mi-17 lagi.

AD Pakistan telah menerima dua helicopter Bell 412 tahun ini dari AS. Pakistan telah membeli suku cadang 13 helikopter termpur AH-1F Cobra dari AS guna meningkatkan kemampuan tempur satuan udara AD Pakistan.

Amerika Serikat berkepentingan meningkatkan kemampuan tempur AB Pakistan, guna membantu memerangi kaum militan yang beroperasi disepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Pemerintah AS telah menganggarkan untuk Pakistan lebih dari 12 milyar dolar bantuan keamanan, peralatan dan pelatihan, dan juga 8,1 milyar dolar kompensasi Coalition Support Fund (CSF). Pakistan juga telah menerima17 F-16 Block 52, 5 kapal cepat untuk badan keamanan laut, 2 pesawat patroli maritim P-3C Orion untuk AL Pakistan, 115 pucuk howitzer M109A5 untuk AD Pakistan, lebih dari 450 kendaraan untuk penjaga perbatasan Pakistan, ratusan NVG, dan ribuan baju anti peluru untuk petugas keamanan Pakistan.

Sebelumnya AS pernah melakukan embargo senjata pada Pakistan, jet tempur F-16 yang telah dibeli Pakistan tertahan di AS. Jet tempur ini diajukan dibeli oleh Indonesia, tetapi kongres AS menentang penjualan senjata ke Indonesia. Saat ini AS sangat membutuhkan bantuan dari Pakistan dalam perang di Afghanistan. Embargo senjata terhadap Pakistan dicabut, diganti dengan dana melimpah untuk memperkuat AB Pakistan.

US Embassy/Berita HanKam

No comments:

Post a Comment