Wednesday, July 14, 2010

Kopaska TNI AL dan US Navy Seal “Amankan” Bandara Juanda


14 Juli 2010, Surabaya -- Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat dari jajaran US Navy Seal mengamankan Bandara Juanda lama dari gangguan teror, Rabu (14/7).

Adegan yang sempat menjadi perhatian sebagian prajurit Lanudal Juanda itu tidak lain merupakan serangkaian latihan pengamanan VVIP yang digelar antara Kopaska TNI AL dengan US Navy Seal dengan sandi “Flash Iron 10-2/JCET. Pasukan yang terlibat dalam latihan itu dari Kopaska TNI AL 92 personel sedangkan dari pihak US Navy Seal 19 personel. Latihan yang digelar hingga 5 Agustus tersebut akan melaksanakan beberapa materi latihan.

Khusus latihan yang dilaksanakan di Bandara Juanda selain pengamanan VVIP, materi lain yang juga dilatihkan diantaranya MIO (Martime Interdiction Operation), Markmanship and Skills, CQC (Closed Quarter Combat), Urban Warfare dan TCCE (Tactical Combat Casualiv Care).

Selama ini latihan bersama ”Flash Iron 10-2 JCET” antara ke dua Angkatan Laut telah terlaksana beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan bagi ke dua belah pihak, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut. Kondisi tersebut diharapkan mampu berdampak positif di masa yang akan datang guna membina dan meningkatkan hubungan diplomatis antara Indonesia dengan Amerika Serikat pada umumnya dan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Amerika Serikat khususnya.

Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment