Monday, December 7, 2009

Menhan Kunjungi Satuan Kerja Dephan di Pondok Labu


4 Desember 2009, Jakarta -- Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Kamis Siang ( 3/12) melakukan kunjungan kerja ke Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) dan Badan Pendidikan dan Pelatihan (BADIKLAT), serta satuan kerja (Satker) Dephan lainnya yang bertempat di Pondok Labu, Jakarta.

Rangkaian Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kali pertamanya semenjak menjabat Menhan yang baru. Kunjungan tersebut diawali dengan meninjau ke komplek satker Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) dan Pusat Kodifikasi (PUSKOD) Dephan.

Saat tiba Menhan langsung disambut oleh Kapusdatin, Brigjen TNI A. Kaulan dan Kapuskod, Brigjen TNI Bachir Alamsyah. Pada kesempatan itu Menhan meninjau pusat Server komputer terbesar Dephan dan sistem Informasi Pertahanan Negara (Sisfohanneg). Selain itu Menhan meninjau salah satu tempat pusat pengkodifikasian barang-barang atau materil militer dalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan sistem Nomor Sediaan Nasional (NSN).

Seusai kunjungannya di Pusdatin dan Puskod Menhan melanjutkan kunker ke Balitbang Dephan, dimana badan ini merupakan satuan kerja Dephan yang khusus melaksanakan suatu penelitian dan pengembangan terhadap alat-alat sistem utama senjata militer milik TNI.

Menhan berkesempatan untuk melihat peragaan kemampuan dari beberapa kendaraan tempur, diantaranya kapal jenis Amphibius Hovercraft dan Mobil Defender dan trailer sebagai representasi Compact Ground Control Station (CGCS) yang di produksi oleh Balitbang bekerjasama dengan industri pertahanan dalam negeri.

Disamping itu, Menhan juga mengamati prototype rudal jarak dekat dan 1 unit Pesawat terbang tanpa awak dan Rotary wing tanpa awak. Saat yang bersamaan Menhan menerima paparan dari Ses Balitbang, Marsma TNI Dr. Eddy Priono dan Kapus Industri Pertahanan Balitbang Dephan, Brigjen TNI Agus Suyarso seputar ruang lingkup dan Fungsi kerja dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Dephan serta proses produksi materil-materil Militer yang selama ini sudah dikembangkan oleh Balitbang Dephan bersama Industri Pertahanan.

Diakhir rangkaian kunjungan kerjanya, Menhan yang didampingi juga oleh Kabadiklat Dephan, Mayjen TNI Untung Susoro, dan beberapa pejabat Dephan lainnya meninjau komplek satuan kerja Pusat Pendidikan Manajemen (Pusjemen) dan Pusat pelatihan Bahasa (Pusbahasa) Dephan.

Pada kesempatan itu pula, Menhan mengunjungi beberapa fasilitas pendukung yang digunakan untuk melaksanakan proses pendidikan ataupun kursus singkat, seperti ruang kelas siswa, lab penunjang pendidikan, perpustakaan, serta asrama bagi para siswa yang mengikuti selama program pendidikan berlangsung. Selain itu Menhan menyempatkan berkunjung ke kelas pendidikan dan pelatihan bahasa dan berdialog dengan para siswa dari mancanegara yang sedang mengikuti pendidikan bahasa Indonesia.

Dari rangkaian kunjungannya tersebut Menhan memberikan apresiasi terhadap keberhasilan-keberhasilan yang dicapai oleh masing-masing Satuan kerja ini. Menhan juga mengharapkan kepada pimpinan satuan kerja kedepannya untuk bisa terus meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam mengemban tugas yang diberikan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

DMC

No comments:

Post a Comment