Wednesday, December 9, 2009

Dua Komandan Batalyon Resimen Banpur-1 Marinir Diganti

Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir, Kolonel Marinir Suhono (tengah) salam komando dengan Komandan Batalyon Zeni-1 Marinir yang lama, Letkol Marinir Sunaswan (kiri) dan penggantinya Mayor Marinir I.D.N Gede Rake Susilo (2 kiri), serta Komandan Batalyon Bekpal-1 Marinir yang lama Letkol Marinir Jayus (2 kanan) dan penggantinya Mayor Marinir Muchlas. (Foto: ANTARA/ Serda Mar Kuwadi/EI)

9 Desember 2009, Surabaya -- Dua komandan Batalyon Resimen Bantuan Tempur - 1 (Banpur-1) Marinir diganti yakni Komandan Batalyon Bekpal-1 Marinir dan Komandan Batalyon Zeni-1 Marinir.

Upacara pergantian keduanya dipimpin Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir Kolonel Marinir Suhono di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu.

Dalam upacara itu, Mayor Marinir Muchlas dilantik sebagai Komandan Batalyon Bekpal-1 Marinir yang baru mengggantikan Letkol Marinir Jayus.

Sementara Mayor Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo dilantik sebagai Komandan Batalyon Zeni-1 Marinir menggantikan Letkol Marinir Sunaswan.

Pejabat lama Letkol Marinir Jayus akan menempati pos baru sebagai Kadepjian di Komando Pendidikan Marinir Gunungsari Surabaya, sedangkan Letkol Marinir Sunaswan akan menempati jabatan baru sebagai Perwira Staf Operasi Menbanpur-1 Marinir.

Dalam amanatnya, orang nomor satu di jajaran Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir itu mengatakan Batalyon Zeni dan Batalyon Bekpal-1 Marinir merupakan dua di antara enam batalion di jajaran Menbanpur-1 Marinir.

"Kedua batalion itu mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam setiap penugasan, baik penugasan operasi maupun latihan, bahkan keduanya merupakan andalan Korps Marinir dalam setiap penugasan, khususnya satgas kemanusiaan dan bencana alam," katanya.

Menurut dia, material yang ada saat ini sebagian besar usianya sudah tua, sehingga memerlukan keuletan para pengawaknya sebagai prajurit Korps Marinir yang terlatih untuk tidak menjadikan sebagai kendala dalam melaksanakan tugas.

"Jadikanlah sebagai pemacu semangat dalam mengabdikan diri kepada Korps Marinir, TNI AL, TNI, bangsa, dan negara," katanya.

Sehari sebelumnya (8/12), dua komandan Batalyon Resimen Artileri-1 Marinir juga diganti yakni Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir dan Komandan Batalyon Arhanud-1 Marinir.

Dalam upacara pergantian yang dipimpin Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir R.B Heraspatty, S.E. itu, Komandan Batalyon Howitzer-1 Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Mar CTO Sinaga kepada penggantinya Mayor Marinir F. Simanjorang.

Sementara itu Komandan Batalyon Arhanud-1 Marinir diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Mar Djentayu Suprihandoko kepada penggantinya Mayor Marinir Harnoko.

ANTARA JATIM

No comments:

Post a Comment