Wednesday, December 9, 2009

Latma Elang Brunesia IV/09 Dibuka

Paban VI/Binprof Sopsau, Kolonel Penerbang Tri Budi Satriyo (kiri), dan Pemerintah Pangkalan Tentara Udara Diraja Brunei (TUDB), Letnan Kolonel Udara Lusir Bin Sian, melakukan pemeriksaan pasukan saat upacara pembukaan latihan bersama Elang Brunesia IV/09, di Pangkalan Lanud Supadio, Pontianak, Kalbar, Rabu (9/12). Latihan bersama tersebut bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan kemampuan dalam melaksanakan Operasi Udara Bersama. (Foto: ANTARA/Jessica Wuysang/ss/ama/09)

Tepat pukul 08.05 WIB Latihan antara TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan Tentera Udara Diraja Brunei Darussalam (TUDB) dengan sandi Latma Elang Brunesia IV/09 dibuka secara resmi oleh Paban VI/Binprof Sopsau Kolonel Pnb Tri Budi Satriyo yang didampingi Pemerintah Pangkalan Tentera Udara Diraja Brunei, Letnan Kolonel Udara Lusir Bin Sian pada suatu upacara militer di Apron Hanggar Lanud Supadio, Rabu (9/12).

Dalam sambutan tertulisnya Kolonel Pnb Tri Budi Satriyo mengatakan Latma Elang Brunesia IV/09 dilaksanakan dalam bentuk tutorial dan AMX dengan sasaran yang dicapai antara lain : terjalinnya kerjasama TNI AU dan TUDB dalam melaksanakan operasi udara bersama, meningkatnya kemampuan kedua angkatan/tentara udara dan terbinanya hubungan baik antar peserta latihan.

Sejumlah anggota TNI AU dan Tentara Udara Diraja Brunei (TUDB) berfoto bersama di depan pesawat Cassa 212 di apron Pangkalan Lanud Supadio, seusai upacara pembukaan latihan bersama Elang Brunesia IV/09, di Pangkalan Lanud Supadio, Pontianak, Kalbar, Rabu (9/12). (Foto: ANTARA/Jessica Wuysang/ss/ama/09)

Menurutnya, Latma ini juga sebagai bentuk kerjasama latihan antara TNI AU dengan TUDB yang merupakan bagian dari hubungan bilateral kedua negara dimana latihan kali ini merupakan latihan yang ke-4. Dengan adanya Latma ini tentunya para peserta latihan diharapkan dapat melaksanakan tugas latihan dengan baik sehingga latihan ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya tanpa adanya accident.

Sementara itu Kolonel Pnb Hari Budianto A.n. Direktur Latihan mengatakan Latma ini dilaksanakan dari tanggal 7 s/d 12 dengan melibatkan 115 personel yang terdiri dari TNI AU 80 personel dan TUDB 35 personel. Adapun alutsista yang terlibat dari TNI AU antara lain 1 pesawat CN-235, 1 HELI NAS-332 Super Puma dan 1 tim SAR dan TIM KAM Paskhas sedangkan dari TUDB melibatkan 2 Heli Bell-212 dan 1 Tim JRT.

Hadir pada upacara pembukaan Latma Elang Brunesia IV/09 antara lain Danlanud Supadio Kolonel Pnb Yadi Indrayadi, para pejabat TNI AU dan TUDB, Athan Brunei Letkol Pangiran Haji Hapiz, para Komandan Satuan di jajaran Lanud Supadio. Sedangkan dalam Latma ini mengambil tema : Dengan Latihan Bersama Elang Brunesia IV/09, TNI AU-TUDB Bertekad Meningkatkan Soliditas Kedua Angkatan Dalam Pelaksanaan Operasi “Search and Rescue”.

PENTAK LANUD SUPADIO

No comments:

Post a Comment