Tuesday, December 8, 2009

Marinir Latihan Pendaratan TNI AD Latihan Perang Kota

8 Desember 2009, Makassar -- Pasukan TNI AD melakukan penyergapan terhadap teroris saat geladi latihan perang kota di Lapangan Karebosi Makassar, Selasa (8/12). Latihan gabungan jajaran TNI AL dalam pengamanan kota tersebut akan dilaksanakan pada 9-10 Desember 2009 di beberapa titik di Makassar termasuk gedung DPR, Kejaksaan, dan Gedung BI. (Foto: ANTARA/Yusran Uccang/Koz/hp/09)

8 Desember 2009, Makassar -- Lantamal VI akan melaksanakan latihan pendaratan khusus marinir di sepanjang Pantai Losari, Jalan Nusantara, pelabuhan hingga gerbang Jalan Tol, hari ini hingga 10 Desember. Hal ini ditegaskan Danlantamal VI, Laksamana Pertama TNI Bambang Wahyudin, usai upacara peringatan Hari Armada RI di Lantamal VI, Jalan Yos Sudarso Makassar, Senin, 7 Desember.

Bambang mengatakan, latihan pendaratan ini adalah latihan tahunan. Tujuannya, mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme prajurit Lantamal VI, khususnya Yonmarhanlan VI. Dijelaskan, saat melakukan pendaratan, pasukan marinir akan mengamankan beberapa objek vital yang berada di daerah pantai dan pesisir.

Objek vital itu, lanjut Bambang, antara lain pelabuhan, pertamina, dan fasilitas pendukung lainnya yang memiliki nilai strategis. Latihan ini akan melibatkan satu kompi minus prajurit marinir, satu kapal angkatan laut (KAL), satu patroli keamanan laut (patkamla), dan empat perahu karet.



"Akan disinergikan dengan latihan yang diselenggarakan Kodam VII/ Wirabuana. Khusus Lantamal VI menggunakan lokasi daerah latihan yang berada di pinggir laut dan daerah pesisir," jelas Bambang, Senin, 7 Desember.

Pihaknya membantah jika latihan ini dikait-kaitkan dengan rencana pengerahan massa pada peringatan Hari Anti Korupsi oleh beberapa elemen masyarakat. Pada upacara peringatan Hari Armada kemarin, Bambang juga menyerahkan penghargaan kepada dua anggota Lantamal VI, Kapten Laut Masrurun dan Serka Kom Suwoyo, yang berhasil mengungkap dan menangkap tersangka bom ikan, pekan lalu.

Fajar

No comments:

Post a Comment