Tuesday, December 8, 2009

AL India Terima MiG-29K Pertama

Kapal induk Admiral Gorshkov yang dibeli India lego jangkar di pabrik Sevmash. AL India akan memberi nama INS Vikramaditya yang akan menjadi pangkalan MiG-29K. (Foto: Reuters)

8 Desember 2009 – Pabrik pesawat MiG mengumumkan telah mengirimkan pesawat pertama dari empat MiG-29 Fulcrum-D berpangkalan di kapal induk ke India, Selasa (8/12).

Rusia dan India menandatangani kontrak pembelian 12 MiG-29K kursi tunggal dan 4 MiG-29KUB kursi tandem pada 20 Januari 2004. Pembelian ini bagian dari kesepakatan senilai 1,5 milyar dolar pengiriman kapal induk Admiral Gorskov, saat ini sedang diperbaiki di Rusia.

Media India memberitakan 2 MiG-29K dan 2 MiG-29KUB telah tiba dari Rusia dalam kondisi terurai pada 4 Desember.

Pengiriman pesawat sisanya akan disesuaikan dengan jadwal yang disetujui oleh MiG dan AL India.

MiG-29K. (Foto: Migavia)

MiG-29KUB. (Foto: Migavia)

Perundingan antara India dan Rusia mengenai biaya perbaikan kapal induk Admiral Gorshkov mendekati kesepakatan. Diperkirakan nilai kesepakatan senilai 2,5 juta dolar dan kapal induk akan tiba awal 2013, harian Times of India mengutip pernyataan militer India.

Skuadron MiG-29K akan diberi nama skuadron Black Panthers, akan berpangkalan di lapangan terbang di Goa hingga kapal induk Admiral Gorshkov tiba di India. AL India akan memberi nama kapal induk INS Vikramaditya.

RIA Novosti
/@beritahankam

No comments:

Post a Comment