Monday, July 27, 2009

Skadron Udara 7 Latihan Simulasi Pemadam Kebakaran


27 Juli 2009, Subang -- Dalam rangka mengantisipasi timbulnya bahaya kebakaran di satuan yang memiliki pesawat udara serta melatihkan anggota bertindak cepat dan tepat di Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Jumat (24/7) dilaksanakan simulasi pemadaman api di kesatrian tersebut. Latihan melibatkan sekitar 100 personel dilaksanakan di depan Apron Hanggar Solooy yang didalamnya terdapat Pesawat Helikopter jenis Bell 47 G Soloy yang harus segera dikeluarkan dari hanggar.

Dalam simulasi diskenariokan pada pukul 13.15 WIB terdapat seorang anggota yang sedang membetulkan listrik, tiba-tiba ia tersengat arus listrik dan terbakar kepalanya. Kemudian anggota yang berada di dekatnya segera lari ke arah lonceng pengumunan dan melaporkan ke Duty Pilot Skadron Udara 7. Duty Pilot selanjutnya melalui annauncer mengumumkan kepada seluruh anggota skadron bahwa di lingkungan kesatrian terjadi kebakaran dan memerintahkan teknisi untuk segera mengeluarkan pesawat yang ada di hanggar.

Sedangkan anggota lainnya memberikan pertolongan darurat kepada korban kebakaran. Dalam hitungan 4 menit berhasil dikeluarkan 5 unit helikopter dan api juga diupayakan dipadamkan dengan alat yang ada. Lima menit setelah kebakaran, mobil Pemadam Kebakaran dari Lanud Suryadarma beserta krunya tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api yang sedang berkobar. Terakhir ambulance dari Rumah Sakit Lanud Suryadarma juga menolong korban kebakaran untuk di bawa ke rumah sakit.

Menurut Lettu Pnb Krisnayogi, Kepala Seksi Keselamatan Terbang dan Kerja, Skadron Udara 7 setelah menyaksikan latihan pemadam kebakaran tersebut menyatakan, kegiatan berjalan cukup berhasil ditandai dengan terlibatnya semua unsur di Skadroin Udara 7 dan tingkat kecepatan bertindaknya. Diharapkan kesigapan tersebut senantiasa dipelihara, sehingga profesionalisme sebagai prajurit dapat diandalkan, demikian Lettu Pnb Krisnayogi.

PENTAK LANUD SURYADARMA

No comments:

Post a Comment