Monday, July 27, 2009

AL Israel Sukses Uji Tembak Rudal Barak

Kapal perang AL Israel dari tipe Sa'ar. (Foto: g2mil)

27 Juli 2009 -- Angkatan Laut Israel berhasil melakukan uji kemampuan sistem pertahanan rudal Barak minggu lalu. Lokasi uji coba di Laut Mediterania, sebuah kapal perang AL Israel menembakkan rudal yang disimulasikan sebagai rudal musuh kemudian rudal Barak diluncurkan dari kapal perang lainnya dari jenis Sa’ar 5. Rudal Barak mengenai dan menghancurkan rudal musuh.

Rudal pencegat Barak yang telah ditingkatkan kemampuannya akan dipasang di kapal perang AL Israel. Pada Perang Lebanon Kedua, Hizbullah menembakkan rudal C-802 rancangan Cina mengenai kapal perang INS Hanit, menewaskan empat pelaut. Saat itu, karena kelemahan data intelijen, sistem Barak tidak difungsikan.

Israel Aerospace Industries (IAI) saat ini telah menyelesaikan tahap akhir pengembangan rudal Barak-8, dijadwalkan akan beroperasi tahun depan. Rudal baru ini dilaporkan memiliki fitur pelacak lebih maju dan jangkauan kemampuan lacak lebih jauh serta menguncinya dalam jarak belasan kilometer.

Menurut seorang perwira AL Israel, seteru Israel selalu berusaha mengakuisisi persenjataan canggih untuk menyerang kapal-kapal berudal Israel. Tahun lalu, Iran mengklaim telah berhasil melakukan uji penembakan rudal permukaan ke laut dengan jangkauan 350 kilometer.

THE JERUSALEM POST/@beritahankam

No comments:

Post a Comment

Post a Comment