Friday, July 31, 2009

AU India Menerima 4 Helikopter Cheetal

Empat helikopter HAL Cheetal diserahterimakan ke AU India. (Foto: hindu.com/Sushanta Patronobish)

31 Juli 2009 -- Hindustan Aeronautics Limited (HAL) menyerahkan empat helikopter Cheetal dari 10 yang dipesan Angkatan Udara India di Barrackpore, West Bengal, Sabtu (25/7). Enam helikopter lainnya diharapkan diserahkan dua atau tiga bulan kedepan. HAL segera memproduksi 10 helikopter Cheetal untuk memenuhi pesanan Angkatan Darat India setalah menyelesaikan pesanan AU India.

HAL Cheetal merupakan helikopter Cheetah yang diganti mesinya dari Artouste IIIB dengan Turbomeca TM333-2M2. Mesin baru lebih ringan serta konsumsi bahan bakar lebih hemat, sehingga meningkatkan jarak jelajah, lama terbang dan daya angkut, membuat helikopter lebih serba guna dalam berbagai misi termasuk SAR dan misi pada ketinggian.

Cheetal telah dirancang menyatu dengan fitur-fitur yang telah ditingkatkan kemampuannya seperti electrically driven Artificial Horizon, Directional Gyro dan avionik modern berbobot ringan, sistem navigasi GPS, VHF Homer, Flight Monitoring System (FMS), Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Emergency Locator Transmitter.

Cheetah melakukan hovering di Garhwal Hilamaya saat melakukan suatu misi. (Foto: mod.nic.in)

Cheetal berhasil mencatat rekor dunia ketika mendarat pada ketinggian 7670 meter di Saser Kangri, Ladakh, Himalaya, November 2004.

AU India menginginkan mengganti 200 helikopter Chetak dan Cheetah dengan helikopter baru, penawaran global telah ditawarkan untuk pembelian helikopter serbaguna menggantikan armada Cheetah dan Chetak.

hindu.com/@beritahankam

No comments:

Post a Comment