Monday, July 27, 2009

Lima Teroris Berhasil Dilumpuhkan dalam Sekejap


26 Juli 2009, Purworejo -- Lima teroris anggota Jaringan Nurdin M Top dilumpuhkan tim penanggulangan teror (gultor) Bataliyon Infanteri Raider 412 Purworejo saat menduduki kantor Telkom setempat.

Dalam operasi kilat itu, kepala kantor Telkom berhasil dibebaskan dari penyanderaan para teroris. Baku tembak sempat mewarnai aksi penyelamatan sandera. Perlawanan tak berlangsung lama, dalam sekejab lima anggota teroris tewas di tempat.

Operasi ini melibatkan 25 personel Gultor, 4 personel di tempatkan sebagai tim perintis yang bertugas merangsek masuk sementara lainnya mengamankan lokasi sasaran.

Drama itu terjadi saat latihan antisipasi pembebasan sandera di kantor Telkom Purworejo, Sabtu malam (25/7).

"Kami siapkan tim terlatih, operasi ini berjalan sesuai prinsip cepat tepat dan senyap, makin cepat makin bagus. Bahkan dengan zero error," terang Komandan Bataliyon Raider 412 Letkol (inf) Khaerul Anwar Mandailing usai memimpin langsung latihan, Minggu (26/7).

Gambaran itu, kata Khaerul, hanya sebagian dari kesiapan tim Gultor. Dengan skenario yang dibuat semirip mungkin diharapkan jajaran TNI mampu meningkatkan performa dan siap untuk diterjunkan sewaku waktu. Kondisi penyekapan pun dilakukan nyaris seperti aslinya lengkap dengan penjagaan sempurna.

"Meskipun latihan, kami persiapkan secara sungguh-sungguh, hasilnya kurang dari satu menit selesai. Pemetaan lokasi sasaran dan strategi serangan maksimal, tim yang diterjunkan juga yang terbaik," katanya.

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment