Monday, July 27, 2009

Asops Kasum TNI Periksa Gelar Pasukan Satgas Pamtas Yonif 611/Awang Long


23 Juli 2009, Samarinda -- Dalam rangka menyonsong persiapan tugas operasi pengamanan perbatasan (PAMTAS) RI-Malaysia untuk menggantikan Yonif 613/Raja Alam yang sudah menjalankan tugasnya sejak bulan Juni 2008, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Supiadin AS didampingi oleh Waaslog Panglima TNI, Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman yang juga didampingi sejumlah Asisten Kasdam VI/Tpr dan para Dansat Balak Kodam VI/Tpr dan disambut oleh Danrem 091/ASN Kolonel Inf Musa Bangun diikuti pula oleh para Kasi Korem 091/ASN, Dasat dan Kabalak aju Wilayah Samarinda, untuk melakukan pengecekan kesiapan atau gelar pasukan terhadap Batalyon Infanteri 611/Awang Long yang akan melaksanakan tugas operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI-Malaysia, di lapangan Mako Yonif 611/AWL Loa Janan, Kab. Kutai Kertanegara.

Dalam pengarahannya Asops Panglima TNI mengatakan, pemeriksaan kesiapan Satgas Pam Tas Darat ini bertujuan untuk mengecek secara fisik tentang kesiapan personel, materiil dan alutsista yang akan digelar, untuk mengetahui secara langsung tentang kendala dan hambatan yang dihadapi oleh Yonif 611/AWL yang akan melaksanakan tugasnya, serta menyakinkan pimpinan bahwa seluruh personel dalam kondisi sehat dan mental yang baik, siap melaksanakan tugas.

Asops Panglima TNI mengharapkan penugasan yang akan dilaksanakan ini mendapat keberhasilan, untuk itu ada beberapa hal sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas yaitu : setiap prajurit wajib menjadi badan pengumpul keterangan, memiliki jiwa intelijensi dan menguasai aspek tempur serta memahami Protap yang sudah digariskan oleh pimpinan. “Tugas merupakan Kehormatan, kunci keberhasilannya adalah baik-baik dengan rakyat. Bina masyarakat perbatasan agar tumbuh di jiwa mereka kecintaan terhadap tanah air dan tanamkan semangat kebangsaan NKRI”, ujar Jenderal berbintang dua mantan Kasdam VI/Tpr ini.

Selain pengecekan lapangan yang meliputi kesiapan prajurit maupun materiil atau alutsista, Asops Panglima TNI juga menerima Paparan dari Dan Yonif 611/AWL Letkol Inf Achdwiyanto Yudi Hartono tentang kesiapan Yonif 611/Awang Long untuk melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Dalam kesempatan gelar pasukan tersebut Asops Panglima TNI selain memeriksa personel dan alat kelengkapan, juga memberikan beberapa tes atau semacam uji coba terhadap beberapa prajurit, diantaranya bagaimana menggunakan kompas prisma termasuk alutsista lainnya yang nantinya akan digunakan di medan tugas. Usai memeriksa gelar pasukan, Asops Panglima TNI melakukan penanaman pohon kenangan di area Mako Yonif 611/Awang Long seperti yang telah dilakukan oleh beberapa pejabat lain yang sebelumnya datang mengunjungi Yonif 611/Awang Long.

KODAM VI/TANJUNGPURA

No comments:

Post a Comment