Saturday, January 29, 2011

CAF RAAF Kuliahi Kabol AAU


28 Januari 2011, Yogyakarta -- (Pos Kota): Chief Air Force Royal Australian air Force (CAF RAAF) Air Marshal Mark Binskin di dampingi Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., memberikan kuliah terbuka kepada Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta, Jumat (28/1).

Dalam kuliahnya Air Marshal Mark Binskin menyampaikan bahwa kerja sama antar TNI AU dengan RAAF sudah lama terjalin dengan baik sejak awal kemerdekaan Indonesia.

Dijelaskan pada masa agresi militer Belanda, ex Wing Comander RAAF Capten Pilot Alexander Noel Constantine telah membantu AURI membawa obat-obatan dari Malaya ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat VT-CLA, namun naas pesawatnya di tembak jatuh oleh pesawat Kitty Hawk Belanda dan menewaskan penumpangnya termasuk istrinya Ny. Constantine.

Pada waktu itu Australia telah mengirimkan pengamat gencatan senjata ke Yogyakarta Acting Deputy Australian Consul General C. Caton.

Menurutnya, Australia telah membuat buku putih tentang pemahaman keamanan bersama dalam mengenalkan stabilitas kawasan serta pengaturan aturan keamanan bersama secara global.

Dikatakan, dalam pelaksanaan operasi gabungan diperlukan kekuatan udara yang solid dalam penguasaan udara pemukul, ISR dan mobilitas udara, prinsif kendali terpusat dengan pelaksanaan desentralisasi dan Kodal dipegang oleh tingkat tertinggi.

Dalam transformasi RAAF menciptakan visi One Team (swift, decisive, resilient and resfected), membentuk budaya, membangun hubungan, mewakili organisasi serta mengatur perubahan dengan prioritas menyediakan kekuatan udara kelas dunia, pengembangan dan implementasi strategi, andal dalam tugas dan meningkatkan kemampuan dalam komunikasi serta membentuk hubungan, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut CAF RAAF Air Marshal Mark Binskin dampingi Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., meresmikan laboratorium bahasa Inggris bantuan dari Australia kepada AAU, dilanjutkan mengunjungi Wingdik Terbang dan Musium Dirgantara Mandala Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara

Bambang Samoedro, S.Sos.
Marsekal Pertama TNI

Sumber: Pos Kota

No comments:

Post a Comment

Post a Comment