Sunday, January 23, 2011

AL Thailand Akan Beli 2 Kapal Selam Bekas Pakai

Kapal selam AL Afsel tipe 209-1400 buatan galangan kapal Thyssen Nordseewerke,Emden bekerjasama dengan HDW.

23 Januari 2011 -- (Berita HanKam): Angkatan Laut Thailand berencana membeli dua kapal selam bekas pakai senilai 6-7 milyar baht.

Menurut sebuah sumber, AL Thailand telah memutuskan menyerahkan rencana pembelian ke kabinet untuk disetujui.

Pihak AL telah membentuk sebuah komite guna melakukan studi kelayakan.
Spesifikasi kapal selam belum ditentukan tetapi AL berharap membeli kapal selam buatan barat, kemungkinan dari Jerman.

AL Thailand menekankan memiliki kapal selam karena para pelaut Thailand hanya sedikit mengetahui mengenai teknologi kapal selam, dimana secara konstan akan ditingkatkan.

"Sejumlah negara tetangga telah mempunyai kapal selam pada armadanya. Tetapi para pelaut Thai tidak pernah berhubungan langsung dengan kapal selam. Kami masih ketinggalan dalam istilah terminologi teknologi kapal selam," ucap sumber.

Keputusan pembelian kapal selam bekas karena pihak AL menyadari anggaran belanja negara banyak disedot untuk memperbaiki perekonomian yang buruk.

KASAL Thailand Laksamana Kamthorn Phumhiran mengatakan AL memerlukan juga membeli armada frigate baru untuk menggantikan frigate yang telah digunakan 15 sampai 30 tahun.

KASAD, KASAL dan KASAU telah menyiapkan rencana pembelian persenjataan bagi matranya untuk diajukan pada pemerintah guna disetujui. Menurut sumber, rencana pembelian diajukan oleh AB Thailand diperkirakan mencapai 400 milyar bath.

Sumber: Bangkok Post

No comments:

Post a Comment

Post a Comment