Tuesday, January 25, 2011

AL India Operasikan Kapal Tanker INS Deepak

INS Deepak memasuki Mumbai. (Foto: India Navy)

25 Januari 2011 -- (Berita HanKam): Menteri Pertahanan India A.K. Antony meresmikan pengoperasian kapal tanker Angkatan Laut India INS Deepak (A50) di Mumbai, Jumat (21/1). India memesan dua kapal tanker untuk AL India dari perusahaan Italia Fincantieri, setelah menyingkirkan perusahaan Rusia dan Korea Selatan.

Kapal tanker kedua INS Shakti diluncurkan Oktober 2010 di galangan kapal Sestri Ponente, Genoa. Kapal diharapkan diserahkan ke AL India pada musim gugur 2011.

INS Deepak dan INS Shakti dibangun dengan lunas ganda untuk menghindari resiko polusi bilamana terjadi insiden tabrakan atau kerusakan.

Kapal diawaki oleh 36 perwira dan 212 pelaut. Bobot penuh kapal 27.500 ton, panjang keseluruhan 175 meter, lebar 25 meter dan tinggi 19 meter. Kapal ditenagai dua mesin diesel 10.000 kW dan mampu mencapai kecepatan maksimal 20 knot. Dek kapal dapat didarati helikopter berbobot hingga 10 ton serta dipersenjatai empat meriam AK630.

Kapal dirancang mampu mengisi bahan bakar di laut pada kapal bertonase besar seperti kapal induk INS Viraat atau INS Vikramaditya dalam beberapa jam. Kapal juga dapat mengirimkan logistik pada empat kapal saat bersamaan.

Kargo yang dapat dibawa terdiri dari 15.250 ton bahan bakar dan 510 ton amunisi, rudal serta roket.

Kehadiran kapal tanker meningkatkan kehadiran AL India di Samudera India, mendukung strategi dan diplomasi India di kawasan regional atau global. AL India merupakan angkatan laut keempat terbesar di dunia, didukung 96.000 anggota dan 125 kapal perang. Program modernisasi armada kapal perang terus dilakukan dengan mendayagunakan industri dalam negeri atau membeli dari negara barat atau Rusia.

Sumber: Marine Buzz

No comments:

Post a Comment

Post a Comment